Jokowi Bentuk Tim Reaksi Cepat Corona, Dipimpin Kepala BNPB

Kompas.com - 13/03/2020, 16:37 WIB
Presiden Joko Widodo (kedua kiri) didampingi Menteri BUMN Erick Thohir meninjau pembersihan Masjid Istiqlal dengan cairan disinfektan di Jakarta Pusat, Jumat (13/3/2020). Pembersihan oleh petugas gabungan tersebut untuk mencegah penyebaran COVID-19 di lingkungan Masjid Istiqlal. ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWANPresiden Joko Widodo (kedua kiri) didampingi Menteri BUMN Erick Thohir meninjau pembersihan Masjid Istiqlal dengan cairan disinfektan di Jakarta Pusat, Jumat (13/3/2020). Pembersihan oleh petugas gabungan tersebut untuk mencegah penyebaran COVID-19 di lingkungan Masjid Istiqlal.
Penulis Ihsanuddin
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo membentuk tim reaksi cepat penanganan virus corona  Covid-19. Tim reaksi cepat dipimpin Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) Doni Monardo.

"Tadi sudah saya sampaikan, tim reaksi cepat juga sudah dibentuk, dipimpin oleh Kepala BNPB Pak Doni," kata Jokowi di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat (13/3/2020).

Menurut Jokowi, tim ini akan bersiaga di 135 lokasi pintu gerbang masuk Indonesia.

Baca juga: Singapura Tagih Biaya Perawatan WNI Pasien Covid-19, Ini Kata Wapres

"Baik di darat, di pelabuhan, di laut, maupun di airport. Protokol keamanan, protokol kesehatan juga diterapkan seperti tadi yang saya lihat," kata Jokowi.

Tim reaksi cepat juga akan berjaga di 132 rumah sakit rujukan, 109 rumah sakit TNI, 53 rumah sakit Polri, dan 65 rumah sakit BUMN.

Baca juga: Satu Pasien Positif Covid-19 di RSUP Persahabatan Melarikan Diri

Selain menjaga masuknya potensi COVID-19 ke Indonesia, tim reaksi cepat juga bertugas melacak pesebaran virus dari pasien yang sudah dinyatakan positif.

"Yang pasti setiap ada klaster baru tim reaksi cepat kita memagari," kata Jokowi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X