Kompas.com - 12/03/2020, 15:02 WIB
Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin di DPR, Senayan, Jakarta, Senin (3/2/2020). KOMPAS.com/TSARINA MAHARANI Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin di DPR, Senayan, Jakarta, Senin (3/2/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin meminta pintu masuk ke Indonesia diperketat.

Hal ini disampaikan Azis menyusul sejumlah kasus virus corona di Indonesia merupakan imported case atau tertular virus corona saat melakukan perjalanan ke luar negeri.

"Ya tentu harus ditingkatkan, pertama di border gate yang menjadi favorit seperti di Bali, Jogja kemudian Jakarta, Batam, sehingga tidak terjadi lagi penetrasi melalui border-border gate yang akan masuk melalui penyebar virus itu," kata Azis di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (12/3/2020).

Baca juga: Pasien Positif Covid-19 Bertambah 7 Orang, Seluruhnya Imported Case

Azis juga memprediksi agenda besar di Indonesia akan dibatalkan menyusul penyebaran virus corona.

Namun, mengenai Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2020, Azis memastikan sejauh ini tetap digelar di Papua.

Azis mengatakan, penundaan perhelatan tersebut tergantung keputusan pemerintah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Itu (PON) kewenangan ada di pemerintah, tentu dengan berdasarkan sumber daripada penelitian-penelitian. Kalau yang sifatnya di bulan ini atau bulan depan rata-rata ditunda," ujar dia.

Baca juga: Negatif Corona, 1 Pasien dalam Pengawasan di RSPI Sulianti Saroso Dipulangkan

Lebih lanjut, Azis meminta, masyarakat tidak panik dalam menghadapi penyebaran virus corona dan selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

"Jangan panik dalam menghadapi apapun, apalagi dalam hal ini virus corona, kita bisa mengambil langkah seperti membersihkan diri baik itu tangan dan lain-lain, dan membersihkan lingkungan," pungkasnya.

Pada Selasa (10/3/2020), Pasien positif Covid-19 yang terpapar virus corona dari luar negeri atau imported case bertambah menjadi 12 orang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.