Kompas.com - 11/03/2020, 16:59 WIB
Personel Satgas Mobile COVID-19 membawa pasien terjangkit virus Corona (COVID-19) saat simulasi penanganan pasien terjangkit Covid-19 di Desa Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Senin (9/3/2020). RSUD Suradadi satu-satunya rumah sakit yang membentuk satgas mobile di Indonesia yang bertujuan untuk menjemput bola warga terutama anak buah kapal (ABK) yang terjangkit COVID-19 usai melaut ke sejumlah negara dan meningkatkan kesiapan tenaga serta sarana medis dalam menangani dan merawat pasien terjangkit. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/wsj. ANTARA FOTO/Oky LukmansyahPersonel Satgas Mobile COVID-19 membawa pasien terjangkit virus Corona (COVID-19) saat simulasi penanganan pasien terjangkit Covid-19 di Desa Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Senin (9/3/2020). RSUD Suradadi satu-satunya rumah sakit yang membentuk satgas mobile di Indonesia yang bertujuan untuk menjemput bola warga terutama anak buah kapal (ABK) yang terjangkit COVID-19 usai melaut ke sejumlah negara dan meningkatkan kesiapan tenaga serta sarana medis dalam menangani dan merawat pasien terjangkit. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/wsj.
Penulis Dani Prabowo
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah seorang pasien positif Covid-19 di Indonesia meninggal dunia, Rabu (11/3/2020) dini hari.

Pasien yang diketahui berjenis kelamin perempuan dan merupakan warga negara asing (WNA) itu diidentifikasi sebagai pasien kasus 25.

"Tadi malam pukul 02.00 WIB lebih sedikit, pasien identitas nomor 25 meninggal dunia," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Corona Achmad Yurianto di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (11/3/2020).

Jauh sebelum ditetapkan sebagai kejadian luar biasa (KLB), pemerintah telah menyusun pedoman kesiapsiagaan menghadapi Covid-19.

Baca juga: Satu Pasien Meninggal di Indonesia, Ini Update Virus Corona di ASEAN

Bahkan, pedoman yang disusun Kementerian Kesehatan itu telah dibuat sejak wabah ini masih bernama novel coronavirus (2019-nCoV).

Di dalam pedoman yang diterbitkan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit terdapat 12 langkah pemulasaran yang harus dilakukan petugas medis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Langkah-langkah itu sebagai berikut:

1. Petugas kesehatan harus menjalankan kewaspadaan standar ketika menangani pasien yang meninggal akibat penyakit menular;

2. APD lengkap harus digunakan petugas yang menangani jenazah jika pasien tersebut meninggal dalam masa penularan;

3. Jenazah harus terbungkus seluruhnya dalam kantong jenazah yang tidak mudah tembus sebelum dipindahkan ke kamar jenazah;

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.