Kompas.com - 03/03/2020, 17:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengimbau agar masyarakat tidak panik menghadapi wabah virus corona (Covid-19) di dalam negeri.

Ia meminta masyarakat tenang, tetapi tetap waspada.

"Saya pikir pemerintah juga perlu mengedukasi masyarakat dan juga kami imbau masyarakat supaya tetap tenang, tidak panik, tetap waspada," kata Dasco di DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (3/3/2020).

Dasco pun mendorong pemerintah agar segera membentuk crisis center untuk penanganan dan pencegahan virus corona.

Baca juga: WHO: Virus Corona Unik, Bisa Dikendalikan Agar Tidak Menyebar

Menurutnya, crisis center diperlukan untuk memberikan informasi terpadu terkait penyebaran virus corona kepada masyarakat.

"Sebaiknya pemerintah pusat segera membuat semacam crisis center yang selain gunanya supaya termonitoring, supaya terpadu juga informasi yang keluar. Sebaiknya dari satu pintu karena kita lihat nanti ada ketidaksinkronan informasi dari pemerintah pusat atau pemda di mana ada satu daerah yang terdampak virus corona misalnya," tuturnya.

Senada dengan Dasco, Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin meminta masyarakat percaya dengan penanganan yang dilakukan pemerintah.

Baca juga: Jokowi: Pemerintah Sudah Lacak Semua yang Kontak dengan Pasien Positif Corona

Ia mengatakan, penanganan pemerintah mengacu pada Instruksi Presiden No 4/2019 tentang Peningkatan Kemampuan dalam Mencegah, Mendeteksi, dan Merespons Wabah Penyakit, Pandemi Global, dan Kedaruratan Nuklir, Biologi, dan Kimia.

"Masyarakat jangan panik, karena pemerintah sudah punya langkah untuk penanganannya ini sesuai Inpres Nomor 4 Tahun 2019," kata Azis.

Diketahui, virus corona terdeteksi telah menjangkiti warga Indonesia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.