BNPB akan Lanjutkan Tanam Vetiver di Lebak Banten

Kompas.com - 25/02/2020, 11:09 WIB
Tanaman vetiver yang disiapkan BNPB untuk mengatasi bencana DOKUMENTASI BNPBTanaman vetiver yang disiapkan BNPB untuk mengatasi bencana

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) akan melanjutkan penanaman tanaman vetiver di lokasi terdampak bencana di Lebak, Banten.

Penanaman itu rencananya akan dilakukan pada pekan ini.

"Kemudian untuk di Banten ini kita akan membuat semacam launching juga prototype juga. Sekarang sedang dikerjakan kemungkinan besar minggu ini akan ditanam," kata Kepala Pusat Data dan Infomasi BNPB Agus Wibowo di Graha BNPB, Jakarta, Senin (24/2/2020).

Baca juga: Cegah Longsor, 1.000 Rumput Vetiver Ditanam di Bantaran Sungai Bengawan Solo

Menurut Agus, program penanaman vetiver ini akan terus dilanjutkan dan diperluas.

Termasuk penanaman vetiver di lokasi terdampak bencana di Sukajaya Bogor, Jawa Barat yang sudah lebih dahulu dijadikan percontohan penanaman vetiver.

"Jadi akan jalan terus, ini akan jalan terus sehingga akan selesai seluruh pelaksanaan yang ada baik di Bogor maupun di Banten nanti diselesaikan," ungkap dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menanam vetiver atau akar wangi di bekas lokasi longsor di Desa Pasir Madang, Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (3/2/2020).

Presiden Jokowi mengatakan, tumbuhan tersebut ampuh mencegah longsor karena memiliki akar yang panjangnya bisa mencapai 4-6 meter ke dalam tanah.

Baca juga: Sebanyak 50 Ribu Bibit Vetiver Ditanam di Lereng Gunung Semeru

"Ya ini kita termasuk mengedukasi masyarakat agar tanaman vetiver, sereh wangi tidak dicabut karena ada nilai ekonominya," ujar dia.

Kepala Negara pun meminta semua pihak mulai mereboisasi lahan di hulu untuk mencegah terjadinya banjir dan longsor.

Hal itu disampaikan Jokowi saat berkunjung ke Desa Harkat Jaya, Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (3/2/2020).

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X