Jokowi Baru Tahu Jenderal Sudirman Wafat Setelah Idap TBC

Kompas.com - 29/01/2020, 14:55 WIB
Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan saat sidang pleno penyampaian laporan tahun 2019 MK di Gedung MK, Jakarta, Selasa (28/1/2020). Sejak berdiri pada tahun 2003 hingga Desember 2019 MK telah menerima sebanyak 3.005 perkara. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak APresiden Joko Widodo menyampaikan sambutan saat sidang pleno penyampaian laporan tahun 2019 MK di Gedung MK, Jakarta, Selasa (28/1/2020). Sejak berdiri pada tahun 2003 hingga Desember 2019 MK telah menerima sebanyak 3.005 perkara. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww.
|
Editor Bayu Galih

CIMAHI, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo baru mengetahui bahwa Panglima Besar Jenderal Sudirman wafat setelah mengidap penyakit TBC.

Hal itu Jokowi ungkapkan saat memberikan pidato sambutan di acara Gerakan Bersama Menuju Eliminasi TBC 2030 di Cimahi Techno Park, Cimahi, Jawa Barat, Rabu (29/1/2020).

"Saya juga baru tahu. Ternyata pahlawan besar kita Jenderal Sudirman, beliau meninggal karena TBC," ujar Jokowi.

Karena itu Jokowi meminta semua pihak memiliki kepedulian bersama untuk memberantas TBC. Jokowi mengatakan TBC merupakan penyakit yang mematikan namun bisa disembuhkan.

Baca juga: Pak Supadi, Saksi Hidup Perjuangan Jenderal Sudirman di Pacitan

Ia mengatakan, kesehatan merupakan faktor penting bagi kemajuan suatu bangsa.

Karena itu pemerintah menaruh perhatian besar dalam memberantas TBC agar tak menghambat program pemerintah untuk memajukan Indonesia.

Jokowi menambahkan, pemerintah tak hanya berfokus pada pengobatan dalam memberantas TBC.

Pemerintah justru berfokus pada pencegahan sehingga tak menunggu masyarakat sakit terlebih dahulu.

"Fokusnya bukan hanya pengobatan. Saya setuju ini. Tapi pencegahan lebih baik. Sebaiknya perkembangan di perkotaan, pedesaan, membangun rumah-rumah sehat itu menjadi kunci," kata Jokowi.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X