Soal Natuna, Menperin Sebut Investasi dan Keamanan Beda Urusan

Kompas.com - 09/01/2020, 16:42 WIB
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang saat memberikan bantuan alat industri kecil menengah yang terdampak banjir di Kota Tangerang, Kamis (9/1/2020) KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONOMenteri Perindustrian Agus Gumiwang saat memberikan bantuan alat industri kecil menengah yang terdampak banjir di Kota Tangerang, Kamis (9/1/2020)

TANGERANG, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang mengatakan, diplomasi masalah Natuna dengan urusan investasi adalah dua hal yang berbeda.

"Kita harus yakin bahwa urusan diplomasi, urusan keamanan, itu berbeda dengan urusan ekonomi," kata dia di Perumahan Pinang Griya Kota Tangerang, Kamis (9/1/2020).

Agus menegaskan, Natuna adalah hal yang tidak bisa ditawar. Pasalnya, wilayah Natuna adalah wilayah kedaulatan Indonesia yang sudah diakui dunia.

"Karena kami yakin bahwa kedaulatan itu adalah harga mati," kata dia.

Dalam urusan ekonomi, Agus mengatakan bahwa Indonesia adalah negara yang sangat menjanjikan bagi para investor luar negeri.

Baca juga: Nelayan: Jangan Anggap Sepele Masuknya Kapal China ke Natuna

Dia memastikan aturan dan keadaan yang ada di Indonesia sangat kondusif untuk menanamkan investasi.

"Yang mereka (investor) liat visibiliti dari industri sendiri dan bagaimana pemerintah menciptakan aturan-aturan yang buat Investasi atau industri kondusif membantu kegiatan operasi di Indonesia," kata dia.

Adapun sebelumnya, konflik Indonesia dan China di laut Natuna Utara kembali terjadi.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah kapal ikan China diketahu memasuki Perairan Natuna, Kepulauan Riau. Kapal-kapal tersebut masuk perairan Indonesia pada 19 Desember 2019.

Kapal-kapal China yang masuk dinyatakan telah melanggar exclusive economic zone (ZEE) Indonesia dan melakukan kegiatan Illegal, Unreported, and Unregulated Fishing (IUUF).

Selain itu, Coast Guard China juga dinyatakan melanggar kedaulatan di perairan Natuna.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X