Menkominfo Minta Netflix dan Telkom Duduk Bareng soal Blokir

Kompas.com - 07/01/2020, 11:14 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny Plate mengatakan bahwa perusahaan over the top seperti Netflix dan Spotify terancam denda jika tidak membayar pajak. WAHYUNANDA KUSUMA PERTIWI/KOMPAS.comMenteri Komunikasi dan Informatika, Johnny Plate mengatakan bahwa perusahaan over the top seperti Netflix dan Spotify terancam denda jika tidak membayar pajak.
Penulis Ihsanuddin
|
Editor Bayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate meminta Telkom dan anak perusahaannya Telkomsel untuk duduk bersama pihak Netflix, penyedia layanan streaming film asal Amerika Serikat.

Hal ini guna menyelesaikan masalah yang membuat Netflix masih diblokir oleh dua layanan telekomunikasi pelat merah tersebut.

"Tanpa disarankan juga, dia mesti duduk bareng kalau mau selesai. Tidak perlu disarankan, harusnya begitu, itu jalan keluar," kata Johnny Plate di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (7/1/2020).

Baca juga: Menkominfo Minta Netflix Perbanyak Film Indonesia

Johnny menyebutkan, pemblokiran yang dilakukan oleh Telkom dan Telkomsel terhadap Netflix disebabkan karena masalah bisnis. Dengan demikian, solusinya harus dibicarakan business to business.

Sebab, pemblokiran itu bukan atas permintaan Kemenkominfo. Karena itu, Johnny Plate tidak setuju dengan istilah blokir.

"Bukan diblokir, enggak ada yang diblokir, mereka itu berbicara business to business, harus diselesaikan," kata dia.

Baca juga: Wapres Minta Netflix Bayar Pajak

Menurut Johnny Plate, kedua pihak bisa segera duduk bersama agar mendapat solusi yang saling menguntungkan.

"Kalau business to business itu kan ada pertimbangan benefit-nya masing-masing, tapi jangan sampai Telkomsel dibilang memblokir Netflix. Enggak begitu juga. Bicarakanlah, supaya saling mendapat manfaat," ujarnya.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X