Menkominfo Minta Netflix Perbanyak Film Indonesia

Kompas.com - 07/01/2020, 10:34 WIB
Ilustrasi aplikasi Netflix di smartphone. KOMPAS.com/Bill ClintenIlustrasi aplikasi Netflix di smartphone.
Penulis Ihsanuddin
|
Editor Bayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Plate meminta penyedia layanan streaming film asal Amerika Serikat, Netflix, untuk memperbanyak film Indonesia di aplikasi mereka.

Hal ini untuk mendorong tumbuh kembang kreativitas di dalam negeri.

"Kepada Netflix tentu kita minta, tolong gunakan juga hasil dari kreativitas di dalam negeri, kan banyak yang bisa membuat film dalam negeri untuk diedarkan," kata Johnny di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (7/1/2020).

Johnny bahkan meminta Netflix di Indonesia untuk tidak memuat dulu film dan serial asli mereka yang diproduksi di luar negeri.

Baca juga: Wapres Minta Netflix Bayar Pajak

Sebab, ia ingin aplikasi yang tengah digandrungi itu lebih banyak memuat konten film atau serial lokal karya anak bangsa.

"Kita minta Netflix original jangan dulu, lah di Indonesia, gunakan dulu hasil kreativitas anak Indonesia sendiri dulu, kalau bisa," kata dia.

Saat ini, sudah cukup banyak film Indonesia yang dimuat di Netflix. Namun Johnny juga menilai pihak Netflix dan sineas lokal bisa saja bekerjasama membuat konten original.

"Tapi itu business to business, kita mengimbau. Karena itu akan menciptakan kreativitas dalam negeri, kedua nilai nilai di dalam negeri. Ketiga itu pasar dalam negeri," kata Johnny.

Dalam kesempatan itu, Johnny juga bicara soal layanan Netflix yang masih diblokir oleh provider Telkom dan Telkomsel.

Ia meminta kedua belah pihak duduk bersama untuk mencapai kesepakatan.

Baca juga: Menkominfo Bakal Bantu Sri Mulyani Kejar Pajak Netflix

Baca tentang
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X