Ternyata, Ini Alasan Hanura Tak Undang Jokowi ke Munas

Kompas.com - 18/12/2019, 17:46 WIB
Ketua DPP Hanura Inas Nasrullah KOMPAS.com/Tsarina MaharaniKetua DPP Hanura Inas Nasrullah

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPP Hanura Inas Nasrullah Zubir mengungkap alasan mengapa partainya tidak mengundang Presiden Joko Widodo pada Musyawarah Nasional (Munas) Hanura yang digelar 17-19 Desember 2019.

Ia membantah Hanura tersinggung dengan sikap Presiden Jokowi yang tak memilih kader Hanura duduk di kabinet periode kedua.

"Tidak diundangnya Pak Presiden tidak ada kaitannya dengan hal-hal lain. Kami tidak mengundang Pak Presiden karena kita ingin munas minggu ini adalah munas internal," kata Inas di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (18/12/2019).

Baca juga: Mengaku Ditawari Jadi Wantimpres, OSO: Ini Tanda Jokowi Tak Tinggalkan Hanura

Inas menegaskan, agenda Munas Hanura adalah memperkuat soliditas partai yang sempat merenggang.

Karena itu, Munas tidak mengundang peserta di luar kepengurusan partai.

"Kan pengurus lalu di era Pak Wiranto (eks Ketua Umum Hanura) banyak tidak solid juga. Nah, ini kan akan mempersolid kembali, apalagi setelah adanya makar pada 2018 lalu," ujar dia.

Dia mengatakan, saat ini Hanura terbuka untuk menerima kembali para pengurus yang dahulu sempat terlibat dalam makar terhadap Hanura.

Namun, Inas menyebut mereka harus meneken lembaran pakta integritas yang isinya perjanjian agar tidak mengulangi tindakan serupa.

Baca juga: Jokowi hingga Hary Tanoe Diundang ke Munas Hanura di Solo

"Kami mau menerima, kami welcome pada orang-orang yang dulu pernah membuat makar. Kami welcome asal membuat pakta integritas bahwa tidak akan lagi melakukan hal-hal seperti itu yang merugikan Partai Hanura," kata Inas.

Diberitakan, Partai Hanura menggelar Munas pada 17-19 Desember 2019. Salah satu agendanya, yakni pemilihan ketua umum baru.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X