Pergantian Musim, BNPB Minta Masyarakat Waspadai Bencana

Kompas.com - 29/10/2019, 07:03 WIB
Ilustrasi bencana diseret ombak atau banjir TOTO SIHONOIlustrasi bencana diseret ombak atau banjir

JAKARTA, KOMPAS.com - Pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) mengingatkan masyarakat agar mewaspadai ancaman bencana saat pergantian musim yang sudah mulai tiba.

Kepala Pusat Data, Infromasi, dan Humas BNPB Agus Wibowo mengatakan, kewaspadaan itu harus dilakukan mengingat beberapa wilayah di Indonesia mengalami fenomena hidrometeorologi, yakni angin kencang, puting beliung, longsor, dan banjir.

"Kita perlu waspada terhadap potensi bahaya pada saat pergantian musim dari kemarau ke penghujan. Beberapa wilayah mengalami fenomena hidrometeorologi hingga berujung bencana," ujar Agus melalui siaran pers-nya, Senin (28/10/2019).

"Bahaya yang perlu diwaspadai yaitu banjir, tanah longsor, dan puting beliung setiap kali memasuki musim penghujan. Bencana ini termasuk bencana mematikan dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir," kata dia. 


Baca juga: Pusat Evakuasi di Jepang Dilaporkan Tolak Dua Tunawisma saat Bencana Topan Hagibis Menerjang

Data BNPB menunjukkan, sebagian wilayah sudah mengalami musim hujan hingga terjadi bencana banjir dan tanah longsor, antara lain terjadi di Aceh, Kalimantan Tengah, dan Jawa Barat.

Beberapa wilayah yang memasuki pancaroba mengalami bencana puting beliung yang sifatnya merusak seperti di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Sementara itu, beberapa daerah lainnya masih mengalami puncak musim kemarau sehingga kondisi lahan sangat kering dan mudah kebakaran.

"Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) masih terjadi di Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan. Beberapa gunung di Pulau Jawa dan NTB juga mengalami kebakaran," kata dia.

Dari prakiraan BMKG, 20 persen wilayah pada bulan Oktober sudah memasuki musim penghujan, 47 persen wilayah pada bulan November mulai musim hujan, dan 23 persen wilayah akan memasuki musim penghujan pada bulan Desember.

Baca juga: Awal Musim Hujan Kian Dekat, BMKG Imbau Waspadai Potensi Bencana

BMKG juga memperkirakan, selama November nanti, beberapa wilayah akan mengalami curah hujan tinggi hingga sangat tinggi, di antaranya wilayah Aceh, Sumatera Utara, sebagian Sumatera Barat, dan sebagian wilayah Papua.

Sementara itu, sebagian wilayah Sumatera lainnya, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi dan Maluku terpantau curah hujan dengan kategori rendah hingga menengah.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X