Wapres Sebut Penggantian Mobil Kepresidenan Sudah Tepat

Kompas.com - 28/08/2019, 16:33 WIB
Wakil Presiden Jusuf Kalla saat menghadiri peringatan Hari Konstitusional Nasional di Komplek Parlemen MPR DPR DPD RI, Jakarta, Minggu (18/8/2019). Kompas.com/Hotria MarianaWakil Presiden Jusuf Kalla saat menghadiri peringatan Hari Konstitusional Nasional di Komplek Parlemen MPR DPR DPD RI, Jakarta, Minggu (18/8/2019).
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai pengadaan mobil kepresidenan yang baru merupakan kebijakan yang tepat. Hal tersebut disampaikan Kalla menanggapi rencana penggantian mobil kepresidenan lantaran sudah berusia 10 tahun.

Kalla menyatakan mobil memiliki usia operasional. Jika sudah melebihi batas usia operasional, mobil menjadi tak layak pakai.

Kalla mengungkapkan sedianya pemerintahan sebelumnya telah memutuskan mengganti mobil dinas kepresidenan. Namun ia dan Presiden Joko Widodo memilih menggunakan mobil yang lama.

Baca juga: Jokowi Pakai Mobil Dinas Baru? Ini Deretan Mobil Dinas Para Pemimpin Dunia

"Mobil kan ada umur teknisnya untuk dipakai. Jadi lima tahun lalu sebenarnya sudah diputuskan diganti oleh pemerintahan yang lama, tapi kami tetap memakai itu, itu sudah menghemat lima tahun kan," ujar Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (27/8/2019).

Diberitakan sebelumnya, Istana memutuskan untuk mengganti mobil kepresidenan. Presiden Joko Widodo juga turut memberi pertimbangan dalam pengadaan mobil dinas kepresidenan yang baru. Hal ini diakui oleh Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono

"Ya pertimbangannya keamanan kan ada. Di dalam kabin juga kita bisa membaca, dan melihat kriteria tertentu yang mungkin tidak bisa kita sampaikan di sini," kata Heru di Jakarta, Jumat (23/8/2019).

Berdasarkan pertimbangan teknis dari Biro Umum Kementerian Sekretariat Negara serta tambahan masukan dari Presiden Jokowi, maka Mercedes Benz kembali dipilih.

Heru mengakui BMW juga ikut menawarkan produknya, namun akhirnya tersisih.

"Ya dua merek itu yang terbaik dan tentunya after sales sevice-nya yang sudah bisa teruji," kata Heru.

Mercedes-Benz Indonesia yang dipilih oleh Istana akan menyiapkan dua mobil Mercedes-Benz S 600 Guard untuk kendaraan dinas baru Presiden Joko Widodo.

Ke-dua mobil terbaru ini akan menjadi kendaraan inti yang digunakan presiden dan wakil presiden.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X