Kepada Megawati, Wapres China Cerita Popularitas Soekarno di Negaranya

Kompas.com - 08/07/2019, 14:28 WIB
Presiden Megawati Soekarnoputri memberikan sambutan dalam rangka acara halal bi halal keluarga besar Partai Demokrasi Indonesia-Perjuangan (PDI-P) dengan masyarakat sekitanya, di kediaman Presiden di Jalan Kebagusan Besar IV No 45, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (22/12/2002). ALIF ICHWAN Presiden Megawati Soekarnoputri memberikan sambutan dalam rangka acara halal bi halal keluarga besar Partai Demokrasi Indonesia-Perjuangan (PDI-P) dengan masyarakat sekitanya, di kediaman Presiden di Jalan Kebagusan Besar IV No 45, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (22/12/2002).

KOMPAS.com — Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri menghadiri pembukaan The World Peace Forum VIII di Universitas Tsinghua, Beijing, China, pada Senin (8/7/2019).

Sebelum acara berlangsung, Megawati melakukan pertemuan dengan empat tokoh internasional yang berbeda negara.

Dilansir dari Antara, empat tokoh internasional yang ditemui Megawati adalah mantan Perdana Menteri Singapura Goh Chok Tong, mantan Presiden Afghanistan Hamid Karzai, mantan Perdana Menteri Belgia Herman Van Rompuy, dan mantan Menteri Luar Negeri Rusia Igor Ivanov.

Mereka juga melakukan pertemuan dengan Wakil Presiden China Wang Qishan selama 10 menit.


Saat bertemu Megawati, Wang menyatakan bahwa presiden pertama RI yang juga ayah Megawati, Soekarno, begitu dikenal di China. 

Baca juga: Megawati Ucapkan Selamat untuk Jokowi-Maruf

Wang menceritakan, saat masih anak-anak dia ikut menyambut Presiden Soekarno dengan berdiri di pinggir jalan yang dilewati Soekarno.

"Presiden Soekarno sangat terkenal di China, terutama pada generasi saya," kata Wang.

Ketua Umum PDI Perjuangan itu tersenyum dan berterima kasih saat mendengar cerita Wang.

Seusai pertemuan, kepada wartawan Megawati mengakui bahwa dia sangat terkesan dengan pengalaman Wang mengenai ayahnya.

Menurut Megawati, Soekarno memang menjaga hubungan baik Indonesia-China, termasuk saat berlangsungnya Konferensi Asia-Afrika.

"Bung Karno itu di China memang sangat terkenal. Waktu Konferensi Asia-Afrika pertama, Bung Karnolah yang meminta kepada Mao Zedong melalui Perdana Menteri Chou Enlai untuk masuk ke Konferensi Asia-Afrika dan sangat diterima oleh Tiongkok," kata Megawati.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo MEGAWATI SOEKARNOPUTRI

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


SumberAntara
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X