Berbagi Data, Komnas HAM Apresiasi Polri Ungkap Investigasi Kerusuhan 21-22 Mei 2019

Kompas.com - 05/07/2019, 11:46 WIB
Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik KOMPAS.com/HaryantipuspasariKetua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik
Penulis Devina Halim
|
Editor Bayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia ( Komnas HAM) mempersilakan Polri untuk mengungkap hasil investigasi terkait kerusuhan 21-22 Mei 2019.

Berdasarkan informasi yang diberikan Divisi Humas Polri, Komnas HAM akan mengungkapkan perkembangan hasil investigasi pada Jumat (5/7/2019) ini, pukul 13.30 WIB.

Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik mengatakan bahwa investigasi dilakukan masing-masing institusi dan bukan dalam tim gabungan. Akan tetapi, selama prosesnya, Kepolisian RI memang berkoordinasi dengan Komnas HAM.

Taufan pun mengapresiasi koordinasi yang dilakukan sebagai langkah untuk meningkatkan kepercayaan publik terhadap Polri.

"Keterbukaan dan kemauan mereka berkoordinasi sekali lagi kami apresiasi. Itu bagus untuk semakin meningkatkan kepercayaan publik," kata Taufan kepada Kompas.com, Jumat.

Baca juga: Polri Akan Ungkap Koordinator Kerusuhan 22 Mei Pekan Depan

Taufan mengatakan, Komnas HAM melakukan investigasi sendiri untuk menjaga independensi mereka.

Namun, mereka tetap melakukan koordinasi dengan lembaga lain, salah satunya adalah Polri. Menurut Taufan, Polri dan Komnas HAM saling berbagi data.

"Yang ada Polri pemaparan di Komnas HAM beberapa kali dan itu tidak dihadiri lembaga manapun kecuali Polri dan kami. Mereka memberikan berbagai data dan informasi, sampai tadi siang pun masih ada pihak mereka memberikan berbagai data," ujarnya.

Selain itu, Komnas HAM juga aktif mengumpulkan data ke rumah sakit Polri, Polres Jakarta Barat, dan Polres Jakarta Timur. Nantinya, mereka juga berencana mengunjungi Polda Metro Jaya untuk mencari data.

Selain polisi, mereka juga mencari data kepada korban hingga media massa.

"Selain itu kami mendapatkan data dari korban, tim advokasi, NGO, rumah sakit, pemda DKI, media massa, dan lain-lain. Semua kami telusuri dan nanti akan kami umumkan sendiri," kata dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X