Argentina Ingin "Cicipi" Buah-buahan Indonesia

Kompas.com - 26/06/2019, 17:05 WIB
Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Presiden Argentina Mauricio Macri (kiri) di Istana Bogor, Rabu (26/6/2019). Presiden Joko Widodo dan Presiden Mauricio Macri dijadwalkan melangsungkan pertemuan empat mata, pertemuan bilateral serta melakukan pernyataan pers bersama. ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAYPresiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Presiden Argentina Mauricio Macri (kiri) di Istana Bogor, Rabu (26/6/2019). Presiden Joko Widodo dan Presiden Mauricio Macri dijadwalkan melangsungkan pertemuan empat mata, pertemuan bilateral serta melakukan pernyataan pers bersama.

BOGOR, KOMPAS.com - Pemerintah Argentina berencana mengimpor buah-buahan Indonesia. Hal itu dikemukakan Presiden Argentina Mauricio Macri dalam pernyataan per bersama di Istana Presiden Bogor, Rabu (26/6/2019), sebagai bagian dari kunjungan kenegaraan pertama kali ke Indonesia.

"Kami juga ingin menikmati buah-buahan yang ada di Indonesia," ujar Presiden Macri.

Namun, Presiden Macri ingin ada kerjasama dua arah dalam hal kerjasama sektor pertanian. Argentina pun menawarkan Indonesia dapat mengimplementasikan teknologi pertanian negerinya.

Baca juga: Argentina Tertarik Beli Gerbong Kereta Api PT Inka

Presiden Joko Widodo menyambut baik keinginan dan tawaran Argentina itu. Menurut dia, Indonesia dan Argentina memang memiliki potensi kerja sama di bidang pertanian karena sama-sama negara agraris.

"Saya juga menyambut baik kerja sama dalam pengembangan sistem teknologi di pertanian sebagai implementasi rencana aksi kerjasama antara Indonesia dan Argentina," ujar Presiden Jokowi.

Ekspor manggis dan nanas

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menambahkan bahwa Presiden Jokowi sudah menginstruksikan Menteri Pertanian Amran Sulaiman untuk pergi ke Argentina.

Amran ditugaskan untuk mempersiapkan segala sesuatunya berkaitan dengan rencana ekspor buah-buahan.

"Karena kita kan memiliki kepentingan, beberapa produk buah tropis kita. Misal nanas, manggis, itu sudah mulai kita akan garap untuk dikirim ke Argentina," ujar Retno.

Sementara mengenai rencana kerjasama di bidang teknologi pertanian, Retno mengatakan, kemungkinan yang akan dibahas adalah teknologi penyimpanan hasil pertanian.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X