Cerita Warga Berjuang Bersalaman dengan Jokowi Saat 'Open House' Lebaran

Kompas.com - 05/06/2019, 18:57 WIB
Presiden Joko Widodo berjabat tangan dengan warga saat halalbihalal di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/6/19). Presiden bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Ibu Mufidah Kalla menggelar halalbihalal Idufitri 1 Syawal 1440 Hijriah di Istana Negara yang terbuka bagi masyarakat umum maupun pejabat negara. ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARIPresiden Joko Widodo berjabat tangan dengan warga saat halalbihalal di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/6/19). Presiden bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Ibu Mufidah Kalla menggelar halalbihalal Idufitri 1 Syawal 1440 Hijriah di Istana Negara yang terbuka bagi masyarakat umum maupun pejabat negara.

JAKARTA, KOMPAS.com - Warga yang menghadiri open house Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriah, Rabu (5/6/2019), membeludak.

Jumlah warga yang bisa masuk ke dalam Istana cukup banyak. Namun, jumlah warga yang tertahan di luar jauh lebih banyak lagi.

"Betul, ini open house dengan jumlah masyarakat yang hadir paling banyak dibanding tahun-tahun sebelumnya," ujar Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmuddin kepada Kompas.com, Rabu siang.

Baca juga: Ini yang Dilakukan Jokowi untuk Mengobati Kekecewaan Warga yang Tak Masuk Istana

Waktu Presiden di Jakarta saat Lebaran hari ini sangat terbatas, yakni hanya sampai pukul 13.00 WIB.

Presiden bersama Ibu Negara Iriana harus bertolak ke Solo, Jawa Tengah, kampung halamannya.

Oleh sebab itu, banyak masyarakat yang tertahan di pelataran Monumen Nasional (Monas) dan tidak dapat memasuki kawasan Istana.

Presiden Jokowi pun sampai meninggalkan Istana Negara, tempat silaturahim itu berlangsung.

Baca juga: Iriana Jokowi: Habis Ini Pulang Kampung, Kangen Sama Ethes...

Ia menghampiri masyarakat umum yang masih mengantre, baik di tenda dalam Kompleks Istana, maupun yang berada di pelataran Monas.

Presiden menyalami, bahkan memberikan kesempatan bagi mereka untuk 'selfie'.

Itupun, banyak masyarakat yang tidak dapat bersalaman langsung karena situasi yang padat dan tidak beraturan.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X