Ziarah ke Makam Ani Yudhoyono, SBY Kenang Istrinya Perihal Pakaian Saat Lebaran

Kompas.com - 05/06/2019, 14:10 WIB
Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono dan keluarga besarnya ziarah ke makam almarhum Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (5/6/2019). CHRISTOFORUS RISTIANTO/KOMPAS.comPresiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono dan keluarga besarnya ziarah ke makam almarhum Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (5/6/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY) mengenang masa Lebaran bersama istrinya, Ani Yudhoyono, saat mengunjungi makam Ibu Ani di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (5/6/2019).

"Ibu Ani menjelang Lebaran Idul Fitri dari dulu termasuk 10 tahun menjadi ibu negara, selalu memikirkan kalau shalat Id dan silaturahim akan mengenakan pakaian apa," kenang SBY.

Hal itu diceritakan SBY sebelum dirinya menaburkan bunga ke makam Ibu Ani. Ia menuturkan, Ibu Ani juga sempat membicarakan tentang Lebaran saat berada di National University Hospital (NUH) Singapura.

Baca juga: SBY Ucapkan Terima Kasih kepada Masyarakat yang Ziarah ke Makam Ibu Ani

Kala itu, lanjut SBY, Ibu Ani sempat memilih dan mengusulkan jenis pakaian yang akan dipakai saat Lebaran tahun 2019.

"Ibu Ani yang memilih dan mengusulkan sebelum saya dan anak dimintai pendapat. Biasanya baju koko dan batik," ujar SBY.

Biasanya, kata SBY, Ibu Ani memilih pakaian yang warnanya terang. Namun, saat bercerita di Singapura, SBY menyebut Ibu Ani memilih untuk mengenakan baju batik berwarna hitam.

"Saya tidak mengerti atau menangkap ada isyarat yang Ibu Ani memilih pakai baju batik hitam," ucap dia.

"Pilih batik sawo galing itu maknanya burung yang terbang ke surga. Pesannya adalah nanti kalau Lebaran di rumah sakit mari pakai baju itu di rumah sakit," sambung dia.

Baca juga: SBY dan Keluarga Ziarah ke Makam Ani Yudhoyono di TMP Kalibata

Ani Yudhoyono yang terlahir dengan nama lengkap Kristiani Herrawati, di Yogyakarta, pada 6 Juli 1952, wafat di RS Universitas Nasional, Singapura, pada 1 Juni 2019.

Ia dimakamkan secara kenegaraan dengan prosesi militer di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, sehari kemudian, dengan inspektur upacara Presiden Joko Widodo.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X