NU: 1 Syawal 1440 Hijriah Jatuh pada 5 Juni 2019

Kompas.com - 03/06/2019, 18:50 WIB
Ilustrasi pengamatan hilal: Aktivitas para mahasiswa Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) saat pengamatan hilal di Tanjung Pasir, Tangerang, Jumat (26/5/2017). Hilal adalah Bulan Sabit muda pertama yang dapat dilihat setelah terjadinya konjungsi pada arah dekat Matahari terbenam yang menjadi acuan permulaan bulan dalam Kalender Islam. Hilal 1 Ramadhan 1438 H adalah penanda masuknya bulan suci Ramadhan dalam kalender Islam. KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELIIlustrasi pengamatan hilal: Aktivitas para mahasiswa Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) saat pengamatan hilal di Tanjung Pasir, Tangerang, Jumat (26/5/2017). Hilal adalah Bulan Sabit muda pertama yang dapat dilihat setelah terjadinya konjungsi pada arah dekat Matahari terbenam yang menjadi acuan permulaan bulan dalam Kalender Islam. Hilal 1 Ramadhan 1438 H adalah penanda masuknya bulan suci Ramadhan dalam kalender Islam.

JAKARTA, KOMPAS.com - Nahdlatul Ulama menetapkan 1 Syawal 1440 Hijriah atau Hari Raya Idul Fitri tahun ini jatuh pada Rabu, 5 Juni 2019.

Keputusan itu diambil setelah Tim Rukyatul Hilal Lembaga Falahiyah PBNU melakukan rukyatul hilal bil fi'li (observasi hilal) di beberapa lokasi pada Senin (3/6/2019).

"Atas dasar istikmal tersebut dan berdasar pendapat madzahibul arba'ah (4 imam madzab), maka Nahdlatul Ulama mengikhbarkan (memberitahukan) bahwa 1 Syawal 1440 H (hari raya Idul Fitri) jatuh pada hari Rabu, tanggal 5 Juni 2019," ujar Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Robikin Emhas melalui keterangan tertulis, Senin petang.

Baca juga: JEO-Sidang Isbat, Rukyat, Hisab, dan Penanggalan Islam

Dengan segera berakhirnya bulan Ramadhan, NU berharap amal ibadah masyarakat diterima oleh Allah SWT.

"Selamat menutup bulan Ramadhan dengan amal ibadah terbaik dan selamat menyongsong Hari Raya Idul Fitri 1440 H," ujar Robikin.

Sementara itu, hingga pukul 18.42 WIB, pemerintah masih melangsungkan sidang isbat di Kantor Kementerian Agama. Pengumuman hasil sidang isbat akan dilakukan setelah sidang isbat selesai dilakukan.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X