Ini Hasil Investigasi Polri terhadap Perempuan Bercadar yang Diamankan di Depan Bawaslu

Kompas.com - 24/05/2019, 04:40 WIB
Kawat berduri mengepung ruas jalan MH Thamrin di depan gedung Bawaslu, Selasa (21/5/2019) guna menghalau massa yang bakal berunjuk rasa.KOMPAS.com/Vitorio Mantalean Kawat berduri mengepung ruas jalan MH Thamrin di depan gedung Bawaslu, Selasa (21/5/2019) guna menghalau massa yang bakal berunjuk rasa.

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Muhammad Iqbal memastikan perempuan bercadar hitam dengan membawa tas yang sempat melintas di depan Bawaslu, Jakarta, bukan teroris.

Ia memastikan perempuan tersebut tak terafiliasi dengan kelompok teroris mana pun.

Iqbal mengatakan, perempuan tersebut kini sudah diamankan polisi.

Baca juga: Siapa Perempuan Bercadar yang Diamankan di Depan Bawaslu Saat 22 Mei?

"Viral ada seorang wanita memakai cadar di depan Bawaslu kemarin ya. Itu sudah dilakukan investigasi dan fixed bukan bomber. Tidak terafiliasi kelompok siapa pun," ujar Iqbal di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis (23/5/2019).

Ia menyebutkan, perempuan tersebut terindikasi mengalami gangguan kejiwaan. Benda yang terlihat mirip kabel dan tabung yang dibawa perempuan tersebut merupakan selongsong gas air mata.

"Diduga agak stres wanita tersebut. Dan di gambar itu seperti ada kabel dan seperti bom pipa, itu ternyata selongsong gas air mata. Yang nyangkut di situ kebetulan," lanjut Iqbal.

Baca juga: Perempuan Bercadar dan Tas Hitam Diamankan di Depan Gedung Bawaslu

Sebelumnya, perempuan bercadar berinisial DM diamankan Polda Metro Jaya di depan gedung Bawaslu pada Rabu (22/5/2019) malam. Ia diamankan karena tak menghiraukan peringatan aparat kepolisian untuk menjauhi gedung Bawaslu.

"Hasil pemeriksaan sementara, ibu tersebut mengalami sedikit gangguan akibat belajar tafsir," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (23/5/2019).

Selain karena tak menghiraukan peringatan aparat kepolisian untuk menjauhi gedung Bawaslu, polisi mencurigai isi tas hitam yang dibawa perempuan tersebut. 



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:


Close Ads X