Mendagri Minta Jajarannya hingga Satpol PP Ajak Masyarakat Rekam E-KTP

Kompas.com - 05/04/2019, 11:40 WIB
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Kewaspadaan Nasional dalam rangka penyelenggaraan Pemilu 2019 di Hotel Grand Paragon, Jakarta Pusat, Rabu (27/3/2019). KOMPAS.com/Devina HalimMenteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Kewaspadaan Nasional dalam rangka penyelenggaraan Pemilu 2019 di Hotel Grand Paragon, Jakarta Pusat, Rabu (27/3/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo meminta jajarannya hingga Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) mendorong masyarakat melakukan perekaman e-KTP.

Hal itu disampaikan Tjahjo dengan tujuan meningkatkan partisipasi masyarakat pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

"Kami meminta semua jajaran Kemendagri, Kesbangpol (Dirjen Kesatuan Bangsa dan Politik), Satpol PP-nya, Linmas (Perlindungan Masyarakat), untuk ikut menggerakkan dan mengorganisir masyarakat, mereka data e-KTP bagi yang belum merekam," kata Tjahjo saat ditemui di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Jumat (5/4/2019) pagi.

Baca juga: Pantau Tahapan Pemilu di 5 Provinsi, Komnas HAM Desak Penuntasan Perekaman E-KTP

Tjahjo mengungkapkan, saat ini proses perekaman sudah mencapai angka 98 persen.

Oleh karena itu, Politisi PDI-P ini mengingatkan warga untuk melakukan perekaman. Apalagi, Mahkamah Konstitusi (MK) juga telah mempermudah masyarakat mencoblos dengan memperbolehkan penggunaan surat keterangan (suket) perekaman e-KTP.

Hal itu merupakan putusan MK terhadap gugatan uji materi terhadap Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, dengan nomor perkara 20/PUU-XVII/2019.

Baca juga: 67.243 Warga Kabupaten Bekasi Belum Lakukan Perekaman E-KTP

Kemudian, untuk memastikan tingkat partisipasi pemilih demi kesuksesan pemilu, ia mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya pada 17 April 2019.

"Kedua, menggerakkan, organisir masyarakat yang punya hak pilih, mari untuk datang ke TPS karena dijamin aman. Dijamin diberi kebebasan, dijamin penyelenggara pemilu, KPU, juga sangat-sangat profesional," ujar Tjahjo.

DOK FOUNDING FATHERS HOUSE/DIAN PERMATA Partisipasi Pemilih dalam Pemilu Indonesia dari Masa ke Masa - (DOK FOUNDING FATHERS HOUSE/DIAN PERMATA)

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X