Kompas.com - 05/03/2019, 17:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Komandan Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menuturkan bahwa kasus yang menjerat Wakil Sekjen Partai Demokrat Andi Arief merupakan persoalan pribadi.

Andi Arief terjerat kasus narkoba setelah ditangkap oleh tim Mabes Polri di salah satu kamar di Hotel Peninsula, Slipi, Jakarta, Minggu (3/3/2019) malam. Berdasarkan hasil tes urin, Andi Arief positif menggunakan sabu.

"Apa yang menimpa Bung Andi Arief, merupakan sisi pribadi kehidupan yang bersangkutan. Kita doakan semoga Bung Andi Arief kuat menjalani ini semua, begitupun dengan keluarganya," ujar Agus melalui keterangan tertulisnya, Selasa (5/3/2019).

Baca juga: AHY Sebut Andi Arief adalah Korban

Ia mengimbau agar seluruh kader Demorat agar tetap bersemangat dalam meneruskan perjuangan partai.

"Semoga ujian demi ujian yang sedang Partai Demokrat hadapi, bisa kita lalui dengan baik dan membuat kita lebih tangguh. Dan semoga kita bisa petik segala hikmah dan pelajaran berharga hari ini, untuk kesuksesan kita ke depan," tutur dia.

Agus pun menyesalkan terjadinya kasus yang menimpa Andi Arief. Sebagai politisi, kata Agus, Andi merupakan sosok yang berani sekaligus kontroversial.

Baca juga: Agus Yudhoyono: Kebijakan Partai Terkait Andi Arief Kewenangan DPP

Menurut Agus, Andi berani bersuara lantang dan tidak takut dengan siapapun.

"Ia berdiri di atas akal sehat dan kebenaran," kata Agus.

Sebelumnya, Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal M Iqbal mengungkapkan, polisi sudah melakukan tes urine terhadap Andi Arief. Hasilnya, Andi diketahui positif mengonsumsi narkoba jenis sabu.

Baca juga: Polri Sebut Keluarga Andi Arief Ajukan Permohonan Rehabilitasi

"Kami sudah melakukan tes urine terhadap Saudara AA dan positif mengandung metamphetamine atau jenis narkoba yang biasa disebut sabu," ujar Iqbal dalam jumpa pers di Mabes Polri, Senin (4/3/2019).

Iqbal mengungkapkan polisi juga menyita sejumlah barang bukti, termasuk alat-alat untuk mengonsumsi narkoba. Namun, barang bukti narkoba yang diduga dikonsumsi Andi Arief tidak ditemukan di lokasi.

Kompas TV Berdasarkan hasil uji urine kepolisian memastikan politisi sekaligus Wasekjen #PartaiDemokrat #AndiArief positif menggunakan #metamfetamin atau biasa disebut sabu. Kepala Divisi Humas Polri Irjen Muhammad Iqbal menjelaskan Andi Arief positif mengonsumsi sabu setelah polisi melakukan tes urine kepada yang bersangkutan. Dari pemeriksaan sementara polisi menduga Andi Arief hanya sebatas pengguna narkoba dan belum ditemukan bukti terlibat peredaran narkoba.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.