Temui Ketua MPR, Dino Patti Djalal Bawa Visi Indonesia 2045 yang Digagas Anak Muda

Kompas.com - 12/02/2019, 13:13 WIB
Ketua MPR Zulkifli dan mantan Wakil Menteri Luar Negeri Dino Patti Djalal membahas visi Indonesia 2045 di Kompleks Parlemen, Selasa (11/2/2019). KOMPAS.com/JESSI CARINA Ketua MPR Zulkifli dan mantan Wakil Menteri Luar Negeri Dino Patti Djalal membahas visi Indonesia 2045 di Kompleks Parlemen, Selasa (11/2/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Wakil Menteri Luar Negeri Dino Patti Djalal membawa beberapa anak muda perwakilan dari Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) menemui Ketua Majelis Permusyawararan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (12/2/2019).

Dino membawa draf visi Indonesia tahun 2045 yang digagas generasi muda dalam Konferensi Merancang Visi Indonesia 2045.

"Dalam visi ini tercantum aspirasi dan bayangan bagaimana Indonesia ini pada usianya 100 tahun nanti di 2045," ujar Dino.

Baca juga: Jokowi Sebut Indonesia Jadi Salah Satu Negara Ekonomi Terkuat Tahun 2045

Dino mengatakan, anak-anak muda dari berbagai organisasi kepemudaan di 34 provinsi yang menyusun visi ini. Visinya mencakup aspek demokrasi, politik, hukum, sosial, budaya, pendidikan, dan yang lainnya.

Salah satu visi tersebut adalah menciptakan supremasi hukum yang murni dan absolut pada 2045. Selain itu, menciptakan demokrasi yang berbobot dan berlandaskan meritokrasi.

Dino berharap, visi ini juga bisa didukung oleh calon presiden dan wakil presiden peserta Pemilu Presiden 2019.

Baca juga: Menuju Indonesia Emas 2045, Kemendikbud Latih Guru Daerah Terpencil

 

"Semua capres 01 maupun 02 itu mendukung visi ini karena ini non-politis, non-partisan, netral, dan independen. Murni diskusi dan pemikiran generasi muda Indonesia," kata dia.

Ketua MPR Zulkifli Hasan mengapresiasi visi yang digagas generasi muda itu. Khususnya terkait visi mengenai penegakan hukum yang absolut dan adil.

"Itu kan luar biasa, itulah cita-cita kita. Jadi saya menyambut baik dan saya akan membantu nanti dan saya setuju juga akan menyampaikan ke DPR," kata Zulkifli.



Close Ads X