Kompas.com - 05/02/2019, 17:38 WIB

KOMPAS.com - Perayaan Tahun Baru Imlek berlangsung meriah hari ini, Selasa (5/2/2019). Berbagai tradisi diselenggarakan masyarakat Tionghoa dalam merayakan Imlek.

Sejak era reformasi, masyarakat Tionghoa memang lebih terbuka saat merayakan Imlek. Ini berkat Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid yang mencabut larangan bagi masyarakat Tionghoa untuk memperingati hari besarnya secara terbuka.

Salah satu wujudnya adalah permainan barongsai yang digelar di pusat keramaian. Bermacam bentuk barongsai seperti naga dan singa meliuk, menari di antara tabuhan musik dan keriuhan.

Nama barongsai merupakan akulturasi China di Indonesia. "Barong" berasal dari kesenian Bali yang dimainkan manusia di dalamnya. Sedangan "Sai" dalam bahasa Hokkian berarti singa.

Nama asli kesenian ini adalah Wu Shi. Sedangkan, negara Barat mengenalnya sebagai lion dance.

Apa saja fakta menarik barongsai? Berikut infografiknya:

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Fakta mengenai Barongsai

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.