Kompas.com - 24/12/2018, 16:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin berencana ke Pandeglang, Banten, pada Selasa (25/12/2018) besok.

Dia akan menemui korban tsunami Selat Sunda yang ada di Pandeglang.

"Insya Allah saya juga ke sana besok pagi karena hari ini (tidak bisa) ada jadwal yang harus saya hadiri di Bogor. Tetapi besok pagi pukul 08.00 WIB saya berangkat ke sana," ujar Ma'ruf di kediamannya. Jalan Situbondo, Jakarta Pusat, Senin (24/12/2018).

Ma'ruf mengatakan, dia akan melakukan doa bersama dan menyalurkan bantuan tambahan untuk korban.

Baca juga: BMKG Tegaskan Tsunami Selat Sunda Dampak dari Erupsi Gunung Anak Krakatau

Pada hari ini, Ma'ruf juga sudah melepas bantuan untuk korban tsunami dari kelompok relawan bernama Remaja alias Relawan Milenial Jokowi-Ma'ruf.

"Besok kami bawa bantuan lagi untuk menyusul dan kami kerahkan juga para donatur untuk membantu masyarakat Banten dan Lampung yang mengalami penderitaan akibat tsunami," ujar Ma'ruf.

Ma'ruf mengaku sangat terpukul terhadap bencana tsunami yang melanda Banten dan Lampung Selatan. Apalagi, Banten merupakan kampung halamannya.

"Saya merasa prihatin dengan peristiwa ini, karena saya orang Banten. Jadi saya merasakan keprihatinan mendalam sekali. Apa yang mereka rasakan, saya rasakan. Mereka merasa susah, saya ikut susah. Mereka sedih, saya ikut sedih. Mereka sakit, saya ikut sakit," kata dia.

Baca juga: Polda Banten: 222 Jenazah Korban Tsunami Selat Sunda Ditemukan, 185 Teridentifikasi

Hingga Senin (24/12/2018) pukul 07.00 WIB, berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), tsunami di Selat Sunda telah mengakibatkan 281 orang meninggal dunia, 1.016 orang luka-luka, 57 orang hilang dan 11.687 orang mengungsi.

Kerusakan fisik meliputi 611 unit rumah rusak, 69 unit hotel-vila rusak, 60 warung-toko rusak, dan 420 perahu-kapal rusak.

Korban dan kerusakan ini terdapat di 5 kabupaten terdampak yang terletak Provinsi Banten dan Lampung yang berdekatan dengan pesisir Selat Sunda, yaitu Pandeglang, Serang, Lampung Selatan, Tanggamus, dan Pesawaran.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Fakta Tsunami Selat Sunda

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.