Kompas.com - 07/11/2018, 15:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Investor semakin yakin dan optimistis terhadap instrumen investasi di Indonesia.

Hal itu diungkapkan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso saat ditanya mengenai penguatan rupiah terhadap dollar Amerika Serikat, baru-baru ini.

"Artinya investor, terutama portfolio, confident terhadap kondisi Indonesia. Indonesia itu saya bilang fundamentalnya kuat dibandingkan negara-negara yang suka disebut, bermasalah, ya bukan bandingannya," ujar Wimboh saat dijumpai di Istana Presiden, Jakarta, Rabu (7/11/2018).

Wimboh menambahkan, pemerintah tinggal mendorong supaya perbaikan pada instrumen investasi itu semakin diketahui luas di dunia investor.

Hal ini akan menunjukkan bahwa fundamental RI memang kuat.

"Tinggal sekarang strukturnya kita perkuat, instrumennya kita banyakin," ujar Wimboh.

"Sekarang kita sudah ada hedging. Kalau tidak percaya rupiah, bank sentral melakukan swap, bikin NDF. Jadi, ini semua kami terus sempurnakan, kami sempurnakan struktur pasar dalam negeri. Jadi ini semua terus kami sempurnakan," lanjut dia.

Kurs rupiah terus menguat terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

Pada Rabu, pukul 13:00 WIB, 1 dollar AS ditransaksikan pada Rp 14.670 di pasar spot. Rupiah menguat 0,88% dibandingkan penutupan perdagangan pada Selasa (6/11/2018) kemarin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.