Megawati dan Habibie Hadiri Sidang Tahunan, SBY Kembali Absen

Kompas.com - 16/08/2018, 09:38 WIB
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla saat tiba di Gedung MPR untuk menghadiri Sidang Tahunan MPR 2018, Kamis (16/8/2018). Kedatangan Presiden dan Wapres disambut Ketua MPR Zukifli Hasan dan Ketua dPR Bambang Soesatyo.  Kompas.com/Ihsanuddin Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla saat tiba di Gedung MPR untuk menghadiri Sidang Tahunan MPR 2018, Kamis (16/8/2018). Kedatangan Presiden dan Wapres disambut Ketua MPR Zukifli Hasan dan Ketua dPR Bambang Soesatyo.

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden kelima Megawati Soekarnoputri menghadiri sidang tahunan MPR-DPR-DPD di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (16/8/2018).

Pantauan Kompas.com, Megawati hadir bersama putrinya, Puan Maharani, pukul 08.50 WIB, 10 menit sebelum acara dimulai.

Megawati mengenakan kebaya krem, sementara Puan memilih kebaya putih.

Selain itu, Presiden ketiga BJ Habibie juga hadir. Begitu juga Wakil Presiden kesebelas Boediono dan Wakil Presiden keenam Try Sutrisno.


Setiap mantan presiden dan wakil presiden memang tiap tahunnya diundang pada sidang tahunan yang digelar tiap 16 Agustus.

Namun, Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono sampai dimulainya sidang belum terlihat hadir di Kompleks Parlemen.

Ketua Umum Partai Demokrat itu memang tidak pernah lagi menghadiri sidang tahunan sejak Joko Widodo-Jusuf Kalla menjabat sebagai presiden dan wakil presiden pada 2014 lalu.

Rencananya, Presiden Jokowi akan berpidato tiga kali dalam sidang tahunan ini. Rangkaian acara akan dimulai pada pukul 09.00 WIB.

Diawali dengan rangkaian seremonial pembuka, selanjutnya acara akan diisi dengan pembukaan sidang tahunan oleh Ketua MPR RI Zulkilfi Hasan dan pidato Presiden Joko Widodo tentang kinerja lembaga negara.

Selanjutnya, acara kedua, yakni sidang bersama DPR-DPD, akan dilaksanakan pukul 10.40 WIB.

Ketua DPR Bambang Soesatyo akan berpidato sekaligus membuka sidang. Presiden juga akan menyampaikan pidato kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun RI.

Adapun acara terakhir merupakan sidang pidato Presiden dalam rangka penyampaian RAPBN 2018.

Acara diawali pidato Ketua DPR RI Bambang Soesatyo untuk dan dilanjutkan pidato Presiden.

Puncaknya adalah penyerahan RUU tentang APBN Tahun 2018 beserta nota keuangan dan dokumen pendukung kepada Ketua DPR RI.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X