Cerita Pencarian TKI di Yordania Setelah Hilang 13 Tahun

Kompas.com - 11/08/2018, 16:01 WIB
 Pemerintah Malaysia kembali mendeportasi 96 TKI illegal melalui pelabuhan Tunontaka Nunukan Kalimantan Utara. Dari 96 TKI yang dideportasi 57 diantaranya merupakan TKI illegal yang masuk Negara Malaysia melalui jalur tikus. KOMPAS.com/SUKOCO Pemerintah Malaysia kembali mendeportasi 96 TKI illegal melalui pelabuhan Tunontaka Nunukan Kalimantan Utara. Dari 96 TKI yang dideportasi 57 diantaranya merupakan TKI illegal yang masuk Negara Malaysia melalui jalur tikus.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kedutaan Besar RI untuk Amman, Yordania, berhasil memulangkan DT (30 tahun), tenaga kerja wanita (TKW) asal Indramayu, Jawa Barat, yang dilaporkan hilang selama 13 tahun.

DT tiba di Jakarta pada 11 Agustus 2018 lalu.

Sebelum dipulangkan ke kampung halamannya, Kementerian Luar Negeri langsung melakukan penanganan untuk mendalami kasus DT.

“Jujur saja rasanya seperti menerima tugas 'mission impossible' karena mencari seseorang di luar negeri nyaris tanpa data apapun yang dapat dijadikan rujukan," ungkap Duta Besar RI untuk Kerajaan Yordania Andy Rachmianto, saat pertama kali menerima instruksi pencarian, seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Sabtu (11/8/2018).

"Tapi karena rasa kepedulian serta keberpihakan, seluruh Tim Perlindungan WNI KBRI Amman bekerja keras mencari tahu keberadaan DT tanpa kenal lelah," tambah dia.

Sejak dilaporkan hilang pada awal 2018, KBRI Amman melakukan upaya pencarian dengan berbagai cara.

Selain melalui simpul-simpul masyarakat Indonesia yang ada di Yordania, KBRI juga melibatkan pengacara KBRI Amman.

Sekitar bulan April 2018, jejak keberadaan DT akhirnya tercium.

Namun demikian, upaya mengontak dan mengambil DT dari majikannya adalah perjuangan yang tidak kalah beratnya.

Dalam kasus-kasus serupa, kata Andy, majikan selalu berusaha mencegah komunikasi TKW-nya dengan KBRI.

Namun dengan bantuan Anti Human Trafficking Unit (AHTU) Yordania, KBRI berhasil mengambil paksa DT dari majikannya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X