Uji Coba, Kemenhub Lakukan Pendaratan Pertama di Bandara Kertajati - Kompas.com

Uji Coba, Kemenhub Lakukan Pendaratan Pertama di Bandara Kertajati

Kompas.com - 17/04/2018, 13:26 WIB
Proses pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka, Jawa Barat.DOKUMENTASI BIJB Proses pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka, Jawa Barat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pesawat kalibrasi Hawker 900 XP milik Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Selasa (17/4/2018) pukul 07.45 WIB, berhasil mendarat di landas pacu Bandar Udara Kertajati, Majalengka.

Pendaratan pesawat itu merupakan bagian dari uji coba sekaligus pendaratan yang pertama kali di Bandara Kertajati tersebut.

"Alhamdulilah, berhasil mendarat," ujar Menhub Budi, Selasa.

(Baca juga: Penerbangan Haji di Bandara Kertajati, Menhub Tinjau 3 Hotel untuk Jemaah)

 

Berdasarkan siaran pers, pesawat tersebut mengangkut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Agus Santosa, Direktur Angkasa Pura 2 Muhammad Awaludin, Direktur Utama Pembangunan Perumahan Tumiyono, Direktur Garuda Pahala Mansury dan Direktur Pembangunan Jalan Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Gani Ghazali.

Usai pesawat itu mendarat, Menhub Budi beserta pejabat lainnya berfoto bersama di dalam pesawat sebagai bentuk perayaan sederhana atas uji coba landasan pacu bandara tersebut.

Rencananya, Presiden Joko Widodo akan meninjau bandara yang mempunyai luas total 5.000 hektare tersebut pada Selasa sore.

"Pak Jokowi akan memastikan saja bandara ini selesai tepat waktu," kata Menhub Budi.

(Baca juga: Bandara Kertajati Potensial Dongkrak Perekonomian Jawa Barat)

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi beserta sejumlah pejabat terkait berpose di pesawat Hawker 900 XP, Selasa (17/4/2018). Pesawat itu adalah pesawat pertama yang mendarat di landas pacu Bandara Kertajati, Majalengka. Istimewa Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi beserta sejumlah pejabat terkait berpose di pesawat Hawker 900 XP, Selasa (17/4/2018). Pesawat itu adalah pesawat pertama yang mendarat di landas pacu Bandara Kertajati, Majalengka.

 

Bandara Internasional Kertajati ditargetkan beroperasi pada Mei 2018 ini. Sebagai awal, rencananya PT Angkasa Pura II (persero) akan menggunakan bandara ini untuk melayani penerbangan umrah dan haji.

Sebelumnya, Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, saat ini konstruksi Bandara Kertajati hampir rampung.

"Kami prioritaskan percepatan kontruksi yang saat ini sudah mencapai 85 persen-86 persen. Kemudian bulan Mei akan dilakukan soft launching dan Juni sudah bisa operasi untuk haji, setelah itu umrah," sebut dia beberapa waktu lalu.

Kompas TV Menhub menyatakan, Bandara Kertajati siap digunakan pada Juni 2018 mendatang.

 


Komentar
Close Ads X