Kompas.com - 19/03/2018, 13:35 WIB
|
Editor Bayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Politisi Partai Golkar Freddy Latumahina mengatakan, terdakwa Setya Novanto sangat suka menerima tamu. Kebiasaan itu dilakukan Novanto sejak terpilih menjadi Ketua DPR RI periode 2014-2019.

Hal itu dikatakan Freddy saat bersaksi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Senin (19/3/2018). Freddy menjadi saksi meringankan bagi Novanto.

"Satu malam kadang tidur cuma tiga jam. Saya sempat complain, itu tidak bagus. Tapi masyarakat datang dia terus layani. Dia melihat itu sebagai tugas yang dia pikul," ujar Freddy kepada penasehat hukum Setya Novanto.

Menurut Freddy, tamu-tamu yang datang ke rumah Novanto tidak pernah dibatasi waktu. Bahkan, terkadang masyarakat dari daerah pemilihan datang pada tengah malam.

(Baca juga: Politisi Golkar: Setya Novanto Jago Lobi)

Hal serupa juga dikatakan mantan staf ahli Setya Novanto, Melki Laka Lena. Melki yang kini menjabat Ketua DPD I Partai Golkar Nusa Tenggara Timur (NTT), menyebut bahwa kebiasaan Novanto itu sudah sejak ia menjabat sebagai ketua Fraksi Partai Golkar di DPR.

Menurut Melki, Novanto tak pernah membedakan latar belakang tamu yang berkunjung ke rumahnya. Tamu-tamu bahkan sudah berdatangan sejak pagi hingga tengah malam.

"Yang saya tahu, selain tamu yang terjadwal sekretaris, ada tamu yang datang mendadak. Kadang kalau di rumah, datang tamu dari segala lapisan masyarakat," kata Melki.

Kompas TV Politisi Golkar Mahyudin dihadirkan sebagai saksi yang meringankan bagi terdakwa Setya Novanto.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.