Munaslub Hanura Kubu Sudding Angkat Daryatmo Jadi Ketua Umum

Kompas.com - 18/01/2018, 11:15 WIB
Munaslub Hanura di DPP Hanura Jakarta, Kamis (18/1/2018) Kompas.com/YOGA SUKMANAMunaslub Hanura di DPP Hanura Jakarta, Kamis (18/1/2018)
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorSandro Gatra

JAKARTA, KOMPAS.com — Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Partai Hanura kubu Sarifuddin Sudding memutuskan mengangkat Marsekal Madya (Purn) Daryatmo sebagai Ketua Umum Partai Hanura.

Pengangkatan Daryatmo diakukan setelah 27 DPD dan 401 DPC Hanura memutuskan memberhentikan Oesman Sapta Odang atau OSO sebagai Ketua Umum Partai Hanura.

"Apakah kita setuju menetapkan Bapak Daryatmo sebagai Ketua Umum?" tanya Ketua Sidang Rufinus Hotmaulana disambut ucapan setuju oleh pengurus Hanura di kantor DPP Hanura, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (18/1/2018).

(baca: Munaslub Hanura Kubu Sudding Putuskan Ketua Umum Oesman Sapta Dipecat)

Sebelum diangkat sebagai Ketua Umum Partai Hanura, Daryatmo menjabat Wakil Ketua Umum Partai Hanura.

Selain itu, Daryatmo juga ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum di tengah gonjang-ganjing prahara Hanura.

Adapun Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan sekaligus pendiri Hanura, Wiranto, tetap menjabat Ketua Dewan Pembina Partai Hanura.

Sementara itu, Oesman tetap merasa sah sebagai ketua umum. Pada Rabu, ia menunjukkan surat keputusan Menteri Hukum dan HAM tentang restrukturisasi, reposisi, dan revitalisasi pengurus DPP Partai Hanura masa bakti 2015-2020 dengan nomor M.HH-01.AH.11.01 tahun 2018.

(baca: Oesman Sapta Tunjukkan SK Menkumham yang Sahkan Kepengurusan Kubunya)

Menurut dia, SK itu diterbitkan pada Rabu sore

"Menkumham sudah mengeluarkan SK, kami organisasi sah. Ini ada tanda tangan Menkumham masih hangat, baru keluar sore ini," ujar Oesman di kediaman pribadinya, Jalan Karang Asem, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu malam.

Oesman menegaskan, dengan adanya SK Menkumham tersebut, secara hukum, posisinya sebagai Ketua Umum Partai Hanura sah.

"Menkumham sudah mengeluarkan surat bahwa kami adalah satu organisasi yang sah yang dapat menjalankan organisasi ini," katanya.

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X