Imigrasi Berencana Buka Pendaftaran Pembuatan Paspor di Tiap Kecamatan - Kompas.com

Imigrasi Berencana Buka Pendaftaran Pembuatan Paspor di Tiap Kecamatan

Kompas.com - 14/01/2018, 15:27 WIB
Direktur Jenderal Imigrasi Ronny F Sompie di Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Pusat, Minggu (14/1/2018).KOMPAS.com/ABBA GABRILLIN Direktur Jenderal Imigrasi Ronny F Sompie di Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Pusat, Minggu (14/1/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia berencana menyediakan layanan pembuatan paspor di tiap kecamatan.

Hal itu dilakukan untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat yang ingin mengurus pembuatan paspor baru.

Direktur Jenderal Imigrasi Ronny F Sompie mengatakan, Ditjen Imigrasi berencana mengajak PT Pos Indonesia untuk bekerja sama dalam pembuatan paspor. Sebab, menurut Ronny, PT Pos memiliki kantor-kantor yang berada sampai ke tingkat kecamatan se-Indonesia.

"Kami mau bekerja sama, supaya di awal, penfaftaran pembuatan paspor bisa dimulai dari tingkat kecamatan," kata Ronny di Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Pusat, Minggu (14/1/2018).

Selain lebih mudah dijangkau masyarakat, tersedianya pendaftaran di tiap kecamatan juga mengurangi antrean pemohon pembuatan paspor.

(Baca juga: Layanan Paspor Terganggu karena Ada 72.000 Permohonan Fiktif)

Menurut Ronny, sebenarnya selama ini Ditjen Imigrasi sudah bekerja sama dengan PT Pos Indonesia. Misalnya, kerja sama melayani pembayaran paspor dan pengiriman paspor yang sudah jadi.

"Ini akan kami bicarakan dengan Dirut PT Pos sebelum peringatan hari bakti Imigrasi. Perlu dukungan semua stakeholder agar pelayanan paspor ada solusi yang lebih baik," kata Ronny.

Ronny melanjutkan, jumlah pemohon pembuatan paspor baru terus meningkat setiap tahun. Jumlah yang meningkat menimbulkan antrean yang panjang.

Saat ini, Ronny mengatakan, baru ada 125 Kantor Imigrasi dan 14 unit layanan paspor yang tersedia. Jumlah tersebut digunakan untuk melayani pemohon dari lebih kurang 500 kabupaten atau kota.

Kompas TV Kantor Imigrasi kelas 1 Jambi, menangkap satu orang warga asing asal Myanmar.


EditorBayu Galih
Komentar

Close Ads X