Pilih Ketua DPR, Airlangga Konsultasi kepada Jokowi-JK - Kompas.com

Pilih Ketua DPR, Airlangga Konsultasi kepada Jokowi-JK

Kompas.com - 13/01/2018, 10:14 WIB
-Indra Akuntono -

JAKARTA, KOMPAS.com - Politisi senior Partai Golkar Fadel Muhammad mengatakan, nama-nama calon ketua DPR saat ini sudah ada di tangan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Nama-nama itu akan dibawa ke Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

"Ada beberapa nama di ketua umum, tapi akan dikonsultasikan dengan presiden dan wapres sebagai mitra kerja," kata Fadel saat dihubungi, Sabtu (13/1/2018).

Fadel mengatakan, sebagai partai politik pendukung pemerintah maka Partai Golkar merasa perlu berkonsultasi dengan Presiden dan Wapres. Apalagi, Ketua DPR adalah mitra kerja pemerintahan.

"Kan Ketua DPR itu mitra kerja Presiden, bagaiamana? juga harus di konsultasikan dengan Presiden, dengan Wapres," kata dia.

Baca juga : Tunjuk Bambang Soesatyo Ketua DPR, Golkar Dinilai Tak Konsisten soal Pansus Angket KPK

Fadel membantah pihak-pihak di partai Golkar yang menyebut bahwa pilihan Airlangga sudah pasti jatuh kepada Bambang Soesatyo.

"Yang menentukan itu Ketua Umum, jadi tolong ya bilang ke teman-teman itu kita tunggu," ucap Fadel.

Wakil Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Mahyudin mengatakan, Ketua DPR baru dari Fraksi Partai Golkar mengerucut ke satu nama, yakni Bambang Soesatyo alias Bamsoet.

Baca juga : Jusuf Kalla Tak Masalah Bambang Soesatyo Jadi Ketua DPR meski Tim Angket KPK

"Memang nama yang ada dari Partai Golkar sendiri memang Pak Bambang Soesatyo yang mungkin akan menduduki Ketua DPR. Ya, kami memang mengakui Pak Bambang," kata Mahyudin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (12/1/2018).

Mahyudin mengatakan, sudah ada pembahasan antara Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto bersama Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie dan juga senior partai lainnya. Semua sudah menyepakati nama Bamsoet sebagai Ketua DPR.

Kompas TV Wakil Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Mahyudin memastikan nama Bambang Soesatyo akan menggantikan posisi Setya Novanto sebagai Ketua DPR.


PenulisIhsanuddin
EditorAna Shofiana Syatiri
Komentar

Close Ads X