Golkar Akan Kirimkan Nama Ketua DPR ke Pimpinan Dewan Pekan Depan - Kompas.com

Golkar Akan Kirimkan Nama Ketua DPR ke Pimpinan Dewan Pekan Depan

Kompas.com - 11/01/2018, 11:56 WIB
Ketua Komisi II DPR Zainuddin Amali di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (5/7/2017).KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Ketua Komisi II DPR Zainuddin Amali di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (5/7/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Golkar Zainudin Amali menyatakan partainya berencana mengirimkan nama Ketua DPR pengganti Setya Novanto pekan depan ke Pimpinan Dewan.

"Iya, pekan depan," kata Amali di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (11/8/2018).

Namun demikian meski rencananya diserahkan pekan depan, Amali memastikan saat ini Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto telah mengantongi satu nama yang akan menjadi Ketua DPR baru.

Sebab, selesai menyelesaikan urusan pilkada, Airlangga beserta jajaran pengurus dan fraksi Partai Golkar sempat membahas nama Ketua DPR baru.

Baca juga : Bambang Soesatyo Berpeluang Besar Jadi Ketua DPR Gantikan Novanto 

Pergantian Ketua DPR, kata Amali, juga menunggu pembahasan revisi Undang-undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPRD, dan DPD (MD3) terkait penambahan kursi pimpinan DPR dan MPR bagi PDI-P selaku partai dengan kursi terbanyak di DPR.

Ia pun menjamin nama yang diplih oleh Airlangga bukan pesanan dari pihak eksternal, melainkan keputusan internal.

"Bagi kita semua anggota fraksi Partai Golkar, siapapun yang diusulkan ketua umum harus dapat dukungan kami semua. Kami bisa terima, karena itu melalui pertimbangan matang dari ketua umum tanpa campur tangan dari pihak manapun," lanjut Amali.

Kompas TV Fadli Zon mengatakan, tidak ada masalah jika Golkar belum menunjuk Ketua DPR.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorSabrina Asril
Komentar

Close Ads X