PDI-P Sebut Golkar Sepakat Tambah Kursi Pimpinan DPR

Kompas.com - 03/01/2018, 10:31 WIB
Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto pada acara rilis survei Poltracking Indonesia di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta Pusat, Minggu (26/11/2017). KOMPAS.com/Nabilla TashandraSekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto pada acara rilis survei Poltracking Indonesia di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta Pusat, Minggu (26/11/2017).
|
EditorSabrina Asril

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDI-P) Hasto Kristiyanto telah menemui Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto membahas komposisi Pimpinan DPR.

Pertemuan itu membahas perubahan komposisi pimpinan DPR dengan mundurnya Setya Novanto dari jabatan Ketua DPR.

Dari pertemuan itu, Golkar dan PDI-P juga sepakat untuk menambah satu Pimpinan DPR dari partai berlambang banteng demi perwakilan suara yang diperoleh dalam pemilu legislatif 2014.

"Kami bertemu Pak Airlangga itu sudah berapa kali. Ini komitmen bersama untuk mnggambarkan suara rakyat untuk pemilu ada representasi di dalam susunan pimpinan dewan," kata Hasto di Senayan, Jakarta, Selasa (2/1/2018) malam.

Baca juga : Novanto Ditahan, Ini Dua Skenario Pergantian Ketua DPR Versi Golkar

Ia mengatakan prinsip proporsionalitas harus ditegakan dalam komposisi Pimpinan DPR karena itu merupakan representasi dari suara rakyat yang diperoleh di pemilu legislatif. Jika tidak dilakukan, Hasto menilai akan terjadi ketidakstabilan di tubuh DPR.

Hal itu, kata dia, terlihat di awal masa kerja DPR dimana terjadi dikotomi yang kuat dan menghambat kinerja pemerintah.

"Suara rakyat harus tercermin di dalam pimpinan dewan. Ini akan memperkuat Pak Jokowi, memperkuat kepemimpinan yang sah," lanjut Hasto.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X