Jokowi Lantik Gubernur dan Wagub DIY, Didahului Kirab Budaya

Kompas.com - 10/10/2017, 16:20 WIB
Presiden Joko Widodo melakukan kirab budaya sebelum melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta di Istana Negara, Jakarta, Selasa (10/10/2017). KOMPAS.com/IHSANUDDINPresiden Joko Widodo melakukan kirab budaya sebelum melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta di Istana Negara, Jakarta, Selasa (10/10/2017).
Penulis Ihsanuddin
|
EditorBayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo melantik Sri Sultan Hamengku Buwono X dan KGPAA Paku Alam X sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Pelantikan berlangsung di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Selasa (10/10/2017) sore.

Acara pelantikan didahului dengan prosesi penyerahan petikan Keputusan Presiden pada pukul 15.50 WIB di Istana Merdeka.

Setelah itu, Presiden Jokowi, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo bersama Sri Sultan dan Paku Alam berjalan ke Istana Negara. Mereka diiringi dengan pasukan drum band pada bagian belakang. Prosesi ini diberi tajuk "Kirab Budaya".

(Baca juga: Warga Yogyakarta Gelar Syukuran Sambut Pelantikan Sultan HB X)

Setibanya di Istana Negara pukul 16.05 WIB, prosesi pelantikan pun dimulai. Pelantikan diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden Nomor 107P/2017 tentang Pengangkatan Sri Sultan dan Paku Alam sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DIY.

Prosesi pelantikan dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan oleh rohaniwan dan dipandu langsung oleh Presiden Jokowi.

Acara kemudian dilanjutkan kembali dengan penandatanganan berita acara pelantikan dan ditutup dengan pemberian ucapan selamat dari para tamu.

Hadir dalam upacara pelantikan ini jajaran menteri kabinet kerja hingga pimpinan lembaga negara.

(Baca juga: Pelantikan Anies-Sandi Ikuti Konsep Protokol Istana)

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X