Kompas.com - 06/09/2017, 22:23 WIB
Penulis Moh. Nadlir
|
EditorBayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa rencana penerapan sistem lalu lintas ganjil genap di Tol Cikampek batal diberlakukan.

"Kecenderungannya (sistem ganjil genap) tidak akan diberlakukan. Tapi ini baru kecenderungannya," kata Budi Karya di kantor Wakil Istana Presiden RI, Jakarta, Rabu (6/9/2017).

Sebagai gantinya, kata Budi Karya, akan diberlakukan pembatasan kendaraan berat mulai pukul 06.00 WIB - 09.00 WIB dan 18.00 WIB - 21.00 WIB, serta menambahkan bus feeder, yang akan mendapat kawalan khusus.

"Penggantinya pembatasan kendaraan berat. Pukul 06.00-09.00, sama 18.00-21.00. Terus menambahkan kendaraan bus-bus dengan dikawal secara khusus," kata Budi Karya.

"Nanti bus feeder-nya mondar-mandir saja nanti kayak Transjakarta. Bus akan ditambah 60 atau 100 lagi," ujar dia.

(Baca juga: Ganjil-Genap di Jalan Tol Jakarta-Cikampek Masih Sebatas Wacana)

Menurut Budi Karya, rencana kebijakan pembatasan kendaraan berat di Tol Cikampek tersebut akan segera diberlakukan dalam waktu dekat.

"Mulai efektif 1-2 minggu ke depan," kata mantan Direktur Utama Angka Pura II tersebut.

Budi Karya pun mengaku bahwa rencana kebijakan pembatasan kendaraan berat itu juga sudah dibicarakan dengan para pelaku industri.

"Kalau cuma 3 jam enggak apa-apa, mereka bisa malam. Kami dengan industri dekat. Jadi dia punya apa masalah, kita selesaikan," tutur Budi.

Kompas TV Kementerian Perhubungan masih melakukan evaluasi karena timbulnya pro kontra ganjil genap di tol Cikampek.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.