Kompas.com - 21/03/2017, 20:39 WIB
|
EditorKrisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri BUMN Rini Soemarno mengajukan revisi Peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2008 tentang tentang Rencana Tata Ruang Wilayah kepada Presiden Joko Widodo.

Rini berharap Presiden segera meneken PP tersebut. Revisi PP RTRW tersebut berkaitan dengan percepatan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

"Sudah kami ajukan. Kepada Pak Mensesneg saya akan mohon supaya cepat (diteken Presiden)," ujar Rini di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Selasa (21/3/2017).

Pemerintah pusat dan daerah sudah menyepakati kawasan yang akan dibangun kereta cepat.

(Baca: Kejagung Kawal Pembebasan Lahan Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung)

Namun, tanpa revisi PP, proses pengalihan fungsi lahan untuk proyek kereta cepat tersebut tidak dapat terlaksana.

Termasuk jika terdapat lahan yang berstatus milik Perhutani atau permukiman penduduk, tanpa revisi PP itu, pemerintah harus membebaskan lahan untuk didirikan konstruksi kereta.

Di sisi lain, pihak konsorsium telah menyetor modal sebesar Rp 500 miliar untuk biaya pembebasan lahan.

"Dasarnya mereka harus menaruh Rp 2 triliun. Maka dari itu, sisanya sembari menunggu (revisi PP) RTRW rampung. Tentang hal itu enggak ada masalah kok," ujar Rini.

Kompas TV Jepang Akan Bangun Kereta Cepat di Indonesia
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.