Kompas.com - 23/02/2017, 16:48 WIB
|
EditorKrisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Joko Widodo meninjau proyek pembangunan mass rapid transit (MRT) Jakarta, Kamis (23/2/2017). 

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengungkapkan, semua terowongan bawah tanah tahap pertama proyek MRT telah tersambung sepenuhnya.

"Seluruh terowongan yang dibangun untuk MRT sudah tersambung. Hari ini sudah tersambung," ujar Jokowi di lokasi proyek, 300 meter di bawah Jalan Jenderal Sudirman.

Jokowi memastikan, proyek MRT akan rampung pada Maret 2019 yang akan datang.

(Baca: Jokowi Minta Ahok Tak Pusingkan Pendanaan Pembangunan MRT)

Namun, Jokowi berharap pada 2018, pengerjaan MRT di permukaan juga sudah rampung.

Salah satunya stasiun dan normalisasi Jalan Jenderal Sudirman. Hal ini supaya tidak mengganggu jalannya Asian Games yang dihelat pada tahun yang sama.

"Pada saat Asian Games 2018, di atas semuanya sudah jadi dan sudah bersih," ujar Jokowi.

Ditanya soal kelancaran pendanaan proyek, Jokowi optimistis tidak ada persoalan. Jokowi menyebut, dana proyek MRT bersumber pada APBN, APBD DKI Jakarta, BUMN, dan investasi.

"Jadi, kombinasi-kombinasi itu saya kira bisa dilakukan. Itulah yang mempercepat pembangunan infrastruktur kita. Jadi, masalah pembiayaan sampai saat ini belum ada keluhan, baik kementerian, BUMN, maupun swasta," ujar Jokowi.

(Baca: Jokowi Ingin Pembangunan MRT, LRT, dan Kereta Cepat Ada Alih Teknologi)

Blusukan Jokowi itu turut didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Pembangunan MRT tahap pertama membentang sepanjang 16 kilometer antara Lebak Bulus hingga Bundaran HI. MRT diperkirakan akan melayani 173.400 penumpang setiap harinya.

Kompas TV Jakarta Gencar Bangun MRT

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.