Menelusuri Jejak Makam China Kuno di Depok...

Kompas.com - 30/01/2017, 19:37 WIB
Kuburan kuno peninggalan Tionghoa di Pondok Cina, Jalan Karet, Margonda, Depok, Rabu (25/1/2017). Mikhael GewatiKuburan kuno peninggalan Tionghoa di Pondok Cina, Jalan Karet, Margonda, Depok, Rabu (25/1/2017).
|
EditorBayu Galih

DEPOK, KOMPAS.com - Bangunan ruko-ruko berdempetan tampak terlihat di kiri dan kanan Jalan Margonda, Depok, Jawa Barat.

Selain padat dengan gedung perkantoran, aktivitas lalu lintas di jalan itu selalu ramai dengan beragam kendaraan bermotor. Maklum saja, lintasan itu adalah salah satu jalan penghubung propinsi Jakarta dengan Jawa Barat.

Kepadatan makin menjadi-jadi karena di jalan tersebut ada dua pusat perbelanjaan besar. Bangunan itu adalah Depok Town Square dan Margo City, yang letak gedungnya saling berhadapan.

Pemandangan di atas memang menggambarkan kemajuan kota Depok. Salah satu daerah penyangga Jakarta itu pun kini tak hanya terkenal berkat keberadaan Universitas Indonesia.

Meski berkembang pesat, keberadaan situs-situs sejarah di kota Depok masih bisa ditelusuri.

Salah satunya ada di Jalan Karet. Posisi jalan ini ada di sebelah kiri,tepatnya berada di tengah-tengah toko buku Gramedia dan Margo City, Depok. Ada apa di sana?

Kompas.com pada Rabu(25/07/2017) coba menelusuri jalan ini dengan sepeda motor. Tak lama setelah masuk terdapat kompleks pemakaman China yang diperkirakan sudah berusia ratusan tahun.

Keberadaan kuburan pun sulit diketahui akibat tembok tinggi yang mengelilinginya. Dari hasil pengamatan di jalan yang terlihat cuma pohon-pohon besar menjulang tinggi.

Sementara itu, pintu masuk kuburan juga tertutup pagar.

"Maaf saya tidak berani bawa orang luar masuk ke kuburan kalau belum ada izin dari yang punya, " kata Rahmat, penjaga kompleks makam saat dihubungi Kompas.com.

Kuburan tersebut, lanjut Rahmat, bukan untuk umum. Tanah yang dijadikan makam itu adalah milik satu keluarga.

Halaman:
Baca tentang
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X