Kompas.com - 28/01/2017, 16:36 WIB
Menteri Hukum dan HAM Yasona Laoly Fabian Januarius KuwadoMenteri Hukum dan HAM Yasona Laoly
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam pidato acara perayaan Natal di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM, sang menteri Yasonna Laoly menyinggung sosok Presiden AS Donald Trump yang dinilai kontroversial.

"Donald Trump dengan segala keanehannya, mengeksploitasi hal-hal yang dapat menistakan kebersamaan, kita khawatir, dunia ini akan jadi apa?" ujar Yasonna, Sabtu (28/1/2017).

Berkaca dari aksi Trump yang seringkali mengundang gejolak di masyarakat, Yasonna menyebut, Indonesia saat ini juga sedang mengalami hal yang serupa.

Indonesia 'digoyang' isu intoleransi. Namun, Yasonna yakin dengan terus berpegang pada dasar-dasar negara dan mengutamakan persatuan kesatuan, 'badai' itu dapat dilalui.

"Saya percaya, kita di Indonesia, bila kita bersama-sama di dalam menjaga keutuhan, kita akan menjadi bangsa yang kuat dan tangguh," ujar Yasona.

Yasonna menegaskan, Indonesia memang terdiri dari bermacam-macam suku, bahasa, ras, golongan dan agama.

Namun, jangan menjadikan perbedaan itu sebagai alasan untuk saling menjatuhkan. Keberagaman itu, lanjut Yasonna, harus terus dijaga serta dijadikan kekuatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kita beragama menurut kepercayaan kita masing-masing. Kita menyembah Tuhan dengan cara dan agama kita masing-masing. Tapi dalam kegiatan kehidupan bermasyarakat dan berbangsa, mari kita menyatukan diri untuk merawat kebersamaan," ujar dia.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.