Taufik Kurniawan Yakin Fahri Hamzah Tak Bermaksud Lecehkan Profesi TKI

Kompas.com - 27/01/2017, 17:53 WIB
Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/11/2016) KOMPAS.com/Nabilla tashandraWakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/11/2016)
|
EditorBayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan meyakini rekannya sesama Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah, tak bermaksud melecehkan profesi buruh migran dalam tweet di akun @Fahrihamzah.

Menurut Taufik, polemik yang terjadi hanyalah karena penggunaan istilah profesi yang salah.

"Mungkin karena saking semangatnya atau bagaimana, tidak sampai segitu jauh perkiraan Pak Fahri. Concern-nya, topiknya, tidak seperti itu," ujar Taufik di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (27/1/2017).

"Saya yakin niat Pak Fahri tidak sampai ke sana (melecehkan)," kata dia.

Menurut Taufik, Fahri hanya ingin menjelaskan kepada publik, dalam hal ini netizen, terkait TKI di luar negeri yang kondisinya tidak selalu baik padahal jumlahnya sangat banyak.

Kata "babu" sendiri, menurut dia, adalah kosa kata dari Bahasa Jawa.

"Saking semangatnya, mungkin mengatakan itu dalam bahasa Jawa," kata politisi PAN itu.

Ia pun mempersilakan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) memproses laporan terhadap Fahri. Posisi pimpinan dewan saat ini hanya menunggu perkembangan.

Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah dilaporkan ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) oleh Koalisi Masyarakat Sipil untuk Perlindungan Buruh Migran.

Perwakilan koalisi sekaligus Direktur Eksekutif Migrant Care, Anis Hidayah, menilai ada beberapa prinsip yang dilanggar secara etis oleh Fahri. Tiga hal diminta koalisi kepada MKD.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X