Polemik Kasus Ahok Jadi Petisi "Online" Terpopuler Sepanjang 2016

Kompas.com - 22/12/2016, 16:21 WIB
Calon pasangan cagub-cawagub DKI, Basuki Tjahaja Purnama saat menerima pengaduan dari warga di Rumah Lembang, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (5/12/2016). Ahok menerima pengaduan warga mengenai permasalahan Ibu Kota setiap pagi dari Senin hingga Jumat di Rumah Lembang, Menteng, Jakarta. KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNGCalon pasangan cagub-cawagub DKI, Basuki Tjahaja Purnama saat menerima pengaduan dari warga di Rumah Lembang, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (5/12/2016). Ahok menerima pengaduan warga mengenai permasalahan Ibu Kota setiap pagi dari Senin hingga Jumat di Rumah Lembang, Menteng, Jakarta.
Penulis Ihsanuddin
|
EditorBayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com — Kasus penistaan agama yang menjerat Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama banyak dibahas di internet dan media sosial.

Situs petisi online Change.org bahkan mencatat polemik kasus ini menjadi yang terpopuler sepanjang 2016.

Menurut co-founder Change.org, Usman Hamid, setidaknya ada 15 petisi yang dibuat oleh netizen terkait kasus yang menjerat Ahok.

Sembilan petisi menyatakan dukungan kepada Ahok dan menganggap ia tidak melakukan penistaan agama saat mengutip surat Al-Maidah ayat 51 di Kepulauan Seribu.


Sementara itu, enam petisi lainnya menganggap Ahok telah menistakan agama dan menuntut proses hukum.

"Sebanyak 15 petisi terkait polemik kasus Ahok itu mendapatkan 525.823 tanda tangan dan menjadi yang terpopuler di Change.org," kata Usman Hamid dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (22/12/2016).

Usman menambahkan, meskipun petisi ini menyangkut isu penistaan agama, dipastikan tidak ada petisi yang menyinggung hal sensitif seperti suku, agama, ras, dan antargolongan.

Kebanyakan petisi hanya menyinggung terkait masalah hukum yang menjerat Ahok.

"Tidak boleh ada hate speech yang bersifat rasial, agama, suku, apalagi yang mengajak untuk melakukan kekerasan. Dalam polemik Ahok, kalau ada yang menyerang SARA, itu kami hapus," ucap Usman.

Di bawah polemik Ahok, petisi lain yang juga banyak ditandatangani netizen sepanjang tahun 2016 ialah terkait toleransi (298.823), HAM (294.960), hak konsumen (238.115), lingkungan (195.700), dan keadilan pidana (157.717).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X