Kemendikbud Potong Anggaran Perjalanan Dinas

Kompas.com - 20/10/2016, 13:32 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. Fabian Januarius KuwadoMenteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.
Penulis Ihsanuddin
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy melapor kepada Presiden Joko Widodo terkait program-program percepatan di bidang pendidikan.

Salah satu programnya adalah restrukturisasi anggaran untuk membuat anggaran pendidikan lebih efektif dan efisien.

Restrukturisasi anggaran dilakukan karena alokasi anggaran pendidikan 20 persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) belum bisa dimanfaatkan secara optimal.

"Saya sudah melaporkan pada Beliau tentang perampingan di beberapa subsektor Kemendikbud yang kami alihkan fungsinya ke pendanaan program-program prioritas," kata Muhadjir, seusai bertemu Presiden, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (20/10/2016).

Salah satu pos anggaran yang dipangkas adalah perjalanan dinas dan kegiatan penunjang.

Ia mencontohkan, kegiatan penataran yang diperuntukkan bagi guru yang memakan dana cukup besar, namun tidak efektif untuk meningkatkan kualitas guru.

"Karena penatarannya kita hapus, otomatis uang perjalanan dinasnya bisa susut," ujar Muhadjir.

Dengan restrukturisasi anggaran ini, Mendikbud mengklaim pihaknya berhasil melakukan penghematan anggaran sebesar Rp 5 triliun dari total anggaran Rp 39 triliun.

Anggaran yang dihemat nantinya akan dialihkan ke hal yang lebih produktif seperti perbaikan infrastruktur pendidikan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X