Kompas.com - 20/07/2016, 12:00 WIB
|
EditorBayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Kapolri Jenderal Tito Karnavian berharap Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Suhardi Alius dapat "go international".

Menurut Tito, jaringan terorisme di Indonesia cukup erat kaitannya dengan jaringan terorisme internasional. Oleh sebab itu, Tito minta Suhardi membangun hubungan dengan dunia internasional.

"Beliau perlu membangun hubungan dengan internasional. Beliau perlu banyak safari ke luar negeri untuk membina hubungan dengan counterpart-counterpart (mitra) internasional," ujar Tito usai menghadiri pelantikan Suhardi di Istana Negara, Rabu (20/7/2016).

Sebagai contoh, ada kelompok terorisme di tanah air yang hingga kini masih berhubungan dengan kelompok terorisme di wilayah Asia, yakni Malaysia, Filipina dan Thailand.

Fakta ini mendesak dibuatnya kerja sama oleh Indonesia dengan negara lain dalam hal penanggulangan terorisme.

Tito yakin Suhardi punya pengalaman bagaimana membina hubungan dengan dunia internasional.

Selama menjejaki karier di Polri, Suhardi menempati sejumlah jabatan yang memberikan akses bagi dia untuk berhubungan dengan negara lain.

(Baca juga: Akan Dilantik Jadi Kepala BNPT, Ini Perjalanan Karier Suhardi Alius)

"Beliau kan banyak berkecimpung dengan counterpart-counterpart di luar negeri, baik saat Kabareskrim atau sekolah di luar negeri. Ini jadi modal beliau dalam membina hubungan dengan internasional," ujar dia.

"Saya yakin beliau akan segera bekerja sama di tingkat regional. Saya harapkan beliau sukses dan penanganan terorisme akan menjadi lebih baik," tutur Tito.

Presiden Joko Widodo telah melantik Suhardi Alius sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). (Baca: Suhardi Alius Resmi Jabat Kepala BNPT)

Suhardi menggantikan posisi Jenderal Pol Tito Karnavian yang kini menjabat Kepala Polri. Pelantikan tersebut digelar di Istana Negara, Jakarta, Rabu (20/7/2016) pagi.

(Baca juga: Jokowi Berharap Pengganti Kepala BNPT Baru Sekaliber Tito Karnavian)

Kompas TV Tito Siap Dorong Reformasi Internal Polri
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.