Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oknum Polisi yang Kerap Memanfaatkan Jabatan Diminta Teladani Bripka Seladi

Kompas.com - 19/05/2016, 12:00 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Komisi III DPR Masinton Pasaribu mengaku terinspirasi setelah membaca berita mengenai Bripka Seladi, yang dianggapnya sebagai teladan hidup.

Bripka Seladi merupakan anggota Polres Malang Kota yang memilih menjadi pengumpul sampah daripada menerima uang haram hasil suap.

(Baca: Bripka Seladi Pilih Menyambi Jadi Tukang Sampah daripada Terima Suap)

Masinton pun berharap oknum anggota Polri yang kerap memanfaatkan jabatannya untuk memperkaya diri harus mencontoh Bripka Seladi.

"Beliau tidak memanfaatkan jabatan dan kedudukannya untuk memperkaya diri. Walaupun dengan gaji kecil, tetapi tetap tidak menggunakan kekuasaan yang dimiliki," kata Masinton, saat ditemui di Kompleks Parlemen, Kamis (19/5/2016).

Soal penghasilan, kata Masinton, memang tidak mudah untuk menaikkan gaji anggota Polri. Sebab, harus disesuaikan antara kebutuhan dengan kemampuan yang dapat dipenuhi di dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Kendati demikian, atasan Seladi semestinya dapat memberikan apresiasi tinggi kepada bapak tiga anak yang telah menggeluti dunia persampahan itu selama delapan tahun terakhir.

"Untuk gaji sebenarnya bisa saja dinaikkan secara bertahap," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com