Kompas.com - 16/12/2015, 17:43 WIB
Penulis Dani Prabowo
|
EditorBayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Mahkamah Kehormatan Dewan Ridwan Bae menganggap Ketua DPR Setya Novanto layak dijatuhi sanksi berat.

Ridwan diketahui merupakan rekan sefraksi di Golkar yang selama ini kerap membela Novanto di persidangan MKD.

Dalam pertimbangannya, Ridwan mengatakan, memang ada sejumlah kelemahan yang terjadi selama persidangan etik MKD.

Beberapa hal yang menjadi catatan, di antaranya adalah fakta persidangan yang belum maksimal serta mekanisme persidangan yang kerap diperdebatkan.

"Namun, di tengah mekanisme yang diperdebatkan kami pun berkesimpulan sama, kalau saudara Setya Novanto telah melakukan pelanggaran berat," kata Ridwan dalam pleno MKD, Rabu (16/12/2015).

Pertimbangan itu diberikan Ridwan menyusul kasus pertemuan antara Novanto dengan pengusaha Riza Chalid dan Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin.

Pertemuan yang dilaporan Menteri ESDM Sudirman Said ke MKD itu diduga dijadikan Novanto sebagai ajang untuk meminta sejumlah saham kepada Freeport dengan mengatasnamakan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Ridwan pun meminta, agar MKD segera membentuk panel. Sebab, dugaan pelanggaran yang dilakukan Novanto masuk ke dalam kategori berat.

"Maka tentu dapat pula mengarah kepada pemberhentian sebagai anggota DPR," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.