Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/08/2015, 17:19 WIB
|
EditorLaksono Hari Wiwoho

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengatakan bahwa pemerintah Indonesia sudah memberikan imbauan kepada warga negara Indonesia (WNI) untuk berhati-hati apabila hendak menuju ke Bangkok, Thailand. Imbauan ini akan terus berlaku hingga kondisi keamanan di Bangkok aman.

"Sedari kejadian itu, kedutaan besar sudah mengeluarkan imbauan untuk WNI yang berada di sana untuk hati-hati dan travel advice juga sudah dikeluarkan oleh Kemlu," ujar Retno di Istana Kepresidenan, Rabu (19/8/2015).

Pemerintah Indonesia juga akan menawarkan bantuan mempercepat proses identifikasi korban. Kepolisian RI juga sudah menyatakan kesiapannya untuk memberikan bantuan. Namun, kata Retno, hingga kini belum ada permintaan bantuan dari pemerintah Thailand.

"Kita terbuka dan akan dikomunikasikan kepada otoritas Thailand," kata Retno.

Sebuah bom meledak di dekat Kuil Erawan, Bangkok, Thailand, Senin (18/8) malam. Insiden itu menewaskan 19 orang, termasuk tiga warga negara asing, dan melukai sedikitnya 123 orang. Dua WNI menjadi korban dalam kejadian tersebut, Lioe Lie Tjing dan Hermawan Indradjaja. Lioe tewas dalam peristiwa itu dan jenazahnya akan tiba di Tanah Air pada Rabu sore ini. Adapun Hermawan, suami Lioe, mengalami luka dan menjalani operasi di rumah sakit di Bangkok.

Kedutaan Besar RI di Bangkok mengimbau masyarakat Indonesia di Thailand untuk lebih berhati-hati dan menghindari tempat-tempat yang saat ini ditutup untuk sementara. KBRI membuka layanan informasi di nomor +66929031103 dan mengimbau masyarakat di Indonesia yang keluarganya tengah berada di Thailand untuk segera menghubungi KBRI.

Kompas TV Detik-Detik Ledakan Bom di Thailand
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.