Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini, Pemilihan 13 Pengurus Pusat Muhammadiyah

Kompas.com - 05/08/2015, 08:14 WIB
Dani Prabowo

Penulis


MAKASSAR, KOMPAS.com
- Muktamar ke-47 Muhammadiyah akan menggelar pemilihan 13 Pengurus Pusat Muhammadiyah, pada hari ini, Rabu (5/8/2015). Sebanyak 39 calon merebutkan kursi tersebut.

Proses pemilihan 13 calon pimpinan ini akan dilangsungkan di Universitas Muhammadiyah Makassar. Ada 2.568 muktamirin yang akan memberikan suaranya sejak 08.00 WITA hingga 16.00 WITA.

Panitia pemilihan menyediakan 20 bilik suara bagi muktamirin yang akan memberikan hak suaranya. Setiap muktamirin akan menerima selembar kertas suara yang berisi 39 nama calon pengurus yang tersusun secara alfabetis. Masing-masing muktamirin akan memilih 13 nama.

"Proses pemilihan akan dilakukan dengan cara melingkari nama-nama calon," kata Ketua Panitia Pemilih Muktamar ke-47 Muhammadiyah, Dahlan Rais, Selasa (4/8/2015) malam.

Setelah seluruh proses pemungutan berlangsung, panitia akan melakukan penghitungan suara secara online. Sebanyak 15 unit komputer akan membantu proses penghitungan. Setiap komputer akan dioperasikan oleh tiga orang, yang terdiri atas peng-input data, saksi, dan petugas panitia.

Dahlan mengatakan, 13 nama dengan suara terbanyak akan menjadi pimpinan baru PP Muhammadiyah. Penentuan ketua umum dan sekretaris PP tidak ditentukan melalui suara terbanyak, tetapi berdasarkan hasil musyawarah yang dilakukan 13 orang terpilih setelah proses penghitungan suara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com