Kompas.com - 18/01/2015, 11:48 WIB
Ketua MPR Zulkifli Hasan memimpin rapat gabungan Fraksi MPR RI di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Senin (13/10/2014). TRIBUNNEWS/HERUDINKetua MPR Zulkifli Hasan memimpin rapat gabungan Fraksi MPR RI di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Senin (13/10/2014).
|
EditorSandro Gatra


MEDAN, KOMPAS.com
- Ketua Majelis Pertimbangan Pusat Partai Amanat Nasional, Amien Rais mengklaim, sebagian besar pengurus PAN Sumatera Utara memberikan dukungan kepada Ketua DPP PAN Zulkifli Hasan untuk menjadi Ketua Umum PAN periode 2015-2020, menggantikan Ketua Umum PAN saat ini, Hatta Rajasa.

"Sebagian besar dukung Pak Zul. Tidak semua, tapi sebagian besar," ujar Amien di sela-sela acara pertemuan, di Grand Ballroom Hotel Emerald Garden, Jalan Yos Sudarso, Medan, Sumatera Utara, Minggu (18/1/2015).

Amien mengatakan, pertemuan dirinya dan Zulkifli dengan pengurus PAN se-Sumatera Utara untuk konsolidasi menjelang kongres partai yang akan digelar pada 28 Februari hingga 2 Maret 2015 di Bali. Dalam kongres itu, salah satu agenda besar yang akan dilakukan adalah pemilihan ketua umum PAN untuk periode 2015-2020.

Jelang kongres PAN ini, kata Amien, ada dua kandidat yang akan maju menjadi calon ketua umum, yakni Hatta Rajasa dan Zulkifli Hasan.

Amien mengatakan, jika nantinya ketua umum PAN dijabat kembali oleh Hatta, maka PAN akan berada pada kondisi kontinuitas status quo, atau keadaan tetap tanpa adanya perubahan kondisi partai.

Namun, jika ketua umum nantinya dijabat oleh Zulkifli, kata dia, maka akan ada peremajaan di dalam tubuh PAN. Amien mengaku ingin adanya peremajaan di dalam tubuh PAN.

"Kalau saya sebagai penasihat, saya inginkan seperti kemarin, adanya peremajaan," kata Amien, yang merupakan besan Zulkifli itu.

Ketua DPW PAN Sumatera Utara, Syah Afandin, membenarkan pernyataan Amien. Dia mengatakan bahwa hampir seluruh pengurus PAN di Sumatera utara mendukung pencalonan Zulkifli sebagai Ketua Umum PAN.

"Total dari 33 DPD Sumatera Utara, 30 DPD secara tertulis memberikan dukungan," kata Afandin.

Pertemuan yang berlangsung secara tertutup ini dihadiri sekitar 100 orang dari Dewan Pimpinan Daerah dan Dewan Pimpinan Wilayah PAN Sumatera Utara. Selain itu, hadir pula beberapa anggota DPR dari PAN, antara lain, Mulfachri Harahap, Nasril Bahar, dan Yandri Susanto. Acara berlangsung sejak pukul 09.00 WIB dan rencananya selesai sekitar pukul 12.00 WIB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.