Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jusuf Kalla Ragu KMP Akan Terbentuk sampai ke Daerah

Kompas.com - 02/12/2014, 22:22 WIB
Sabrina Asril

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Presiden Jusuf Kalla ragu terhadap keinginan Partai Golkar untuk membentuk Koalisi Merah Putih (KMP) hingga ke daerah-daerah. Menurut dia, tidak semua partai yang ada di daerah akan patuh pada keputusan itu.

"KMP itu tergantung banyak partai apakah setiap partai mau diperintah seperti itu? Kan belum tentu juga kan," ujar JK, seusai menghadiri acara Malam Anugerah Lingkungan Hidup 2014 di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Selasa (2/12/2014).
Sebelumnya, Aburizal Bakrie, Ketua Umum demisioner Partai Golkar, menyatakan komitmennya untuk tetap membawa Partai Golkar berada di KMP. Dia juga meminta agar daerah-daerah lain melakukan deklarasi seperti yang dilakukan KMP DKI Jakarta dan Yogyakarta.   Dalam pelaksanaan Musyawarah Nasional IX Partai Golkar di Bali, semua peserta yang merupakan kader daerah menyatakan dukungannya agar Partai Golkar tetap bertahan di KMP.

"Munas ke-9 memutuskan untuk menetapkan Partai Golkar berada di Koalisi Merah Putih dan dibentuk di seluruh Indonesia," kata Ketua Steering Committee Munas IX Partai Golkar, Nurdin Halid, saat membacakan keputusan hasil pandangan umum dalam sidang Munas Golkar, Selasa sore.

Rencana membentuk KMP hingga ke daerah-daerah adalah upaya dari barisan partai oposisi untuk memperkuat basisnya. Adapun KMP terdiri dari Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional, Partai Keadilan Sejahtera, dan Partai Demokrat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com